Home  /  Berita  /  Umum
Nasional

Concern Terhadap Konten Akurat dan Berimbang, AMSI Dideklarasikan di Gedung Dewan Pers Besok

<i>Concern</i> Terhadap Konten Akurat dan Berimbang, AMSI Dideklarasikan di Gedung Dewan Pers Besok
Rapat mendiskusikan persiapan pendeklarasian AMSI. (istimewa)
Senin, 17 April 2017 13:22 WIB
JAKARTA- Sebanyak 26 media digital memprakarsai pembentukan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Organisasi ini akan dideklarasikan pada Selasa, 18 April 2017, di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ketua Panitia Deklarasi Amsi Ismoko Widjaya mengatakan, pembentukan AMSI didasarkan pada perkembangan teknologi untuk industri konten digital di Indonesia.

Namun, kebebasan informasi itu pula telah melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Atas dasar pemikiran itu, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dibentuk oleh media digital yang concern terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan,'' tutur Ismoko Widjaya dalam pesan tertulisnya, Senin, 17 April 2017, seperti dikutip dari tempo.co.

''Serta sesuai dengan Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media,” sambungnya.

Kepengurusan AMSI dibentuk dalam wadah Dewan Presidium yang diketuai oleh Wenseslaus Manggut, pemimpin redaksi media online Merdeka.com.

Anggotanya tercatat sebanyak 24 pemimpin redaksi atau wakil yang ditunjuk media online.

Dalam acara deklarasi, menurut  Ismoko, nantinya mereka akan membuat pernyataan Komunike Bersama dengan seluruh pendiri dan anggota AMSI.

Komunike Bersama ini menjadi dasar dari visi, misi dan program AMSI di masa mendatang.

Setelah diadakan deklarasi, Dewan Presidium akan menggelar Musyawarah Nasional untuk pembentukan pengurus, AD/ART dan program kerja paling lambat tiga bulan setelah deklarasi.

Usai dibentuk, AMSI akan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi media yang sudah ada seperti Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI). Hingga kini anggota AMSI telah mencapai 144 media digital.***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/