Home  /  Berita  /  GoNews Group

Panglima TNI Ingatkan, 7 Cara Ini Dilakukan Negara Asing untuk Kuasai Indonesia

Panglima TNI Ingatkan, 7 Cara Ini Dilakukan Negara Asing untuk Kuasai Indonesia
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan pembekalan kepada 1.000 siswa SMA di Mabesad, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1). (republika.co.id)
Selasa, 04 April 2017 10:01 WIB
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan, ada tujuh cara dilakukan negara asing untuk menguasai Indonesia.

Karena itu Gatot Nurmantyo mengingatkan untuk waspada terhadap disintegrasi bangsa dan jangan sampai terpecah belah. Gatot juga mengingatkan agar Indonesia tidak lengah, sehingga tidak mudah dikendalikan oleh negara lain.

"Kita harus waspada terhadap disintegrasi bangsa dan jangan sampai terpecah belah. Justru harus jadi contoh dalam keberagamaan, bahasa, suku, adat dan budaya. Tetapi kalau kita lengah, maka akan dikendalikan oleh negara lain," kata Gatot dalam siaran pers Selasa (4/4), seperti dikutip dari republika.co.id.

Gatot kemudian memaparkan ketujuh cara yang bisa dlakukan negara lain untuk menguasai Indonesia tersebut. Pertama, menghancurkan perekonomian nasional. Kemudian, mereka juga bisa menggunakan cara kedua, yakni melemahkan ketahanan pangan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menguasai arus informasi dan menghancurkan moral. Keempat, mereka mencoba menguasai Indonesia dengan cara memengaruhi gaya hidup dan perilaku.

''Kelima, marakkan industri seks, narkoba dan miras. Keenam, lemahkan fungsi keluarga maupun sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, dan ketujuh, tumbuhkan faham radikal dan separatisme serta ciptakan friksi di mata masyarakat,'' papar Gatot.

Gatot kemudian memgingatkan untuk selalu mengamalkan, dan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, menurutnya, Indonesia kuat karena mempunyai Pancasila yang menjadi dasar negara.

''Saya yakin dengan hal itu kita punya pondasi yang kokoh dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada, serta bisa percaya diri menyongsong masa depan,'' ucap Gatot.***

Editor:hasan b
Sumber:cara asing kuasai indonesia
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/