Home  /  Berita  /  Pemerintahan

APBD Bengkalis Defisit Rp1,3 Triliun, Ketua Fraksi PAN: Jangan Nekat Laksanakan Kegiatan Dirasionalisasi

APBD Bengkalis Defisit Rp1,3 Triliun, Ketua Fraksi PAN: Jangan Nekat Laksanakan Kegiatan Dirasionalisasi
Ketua Fraksi PAN DPRD Bengkalis, H Zamzami.
Senin, 31 Oktober 2016 07:00 WIB
Penulis: Ismail
BENGKALIS - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Bengkalis, H Zamzami mengingatkan Pemerintah Daerah untuk tidak melaksanakan lagi kegiatan-kegiatan yang sudah dirasionalisasi. Mengingat APBD 2016 mengalami defisit cukup besar.

Dikatakan, ada beberapa pekerjaan atau kegiatan yan sudah dilakukan rasionalisasi untuk tidak dilaksanakan. Semua pihak harus menaati itu, jika tidak ingin timbul persoalan di kemudian hari.

Baca Juga: APBD Bengkalis Terus Menurun

''Sehubungan dengan terjadinya devisit anggaran yang kita alami, agar Pemerintah Daerah menugaskan para kepala SKPD untuk menyeleksi kegiatan yang akan dilaksanakan dan mengkoordinasikan dengan pimpinan daerah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gagal bayar nantinya,'' ujar Zamzami, Minggu (30/10/2016).

Diakui, akibat defisit anggaran telah dilakukan rasionalisasi di masing-masing SKPD. besaran reasionalisasi itu mencapai 20 persen. ''Mau tak mau rasionalisasi harus dilakukam karena anggaran kita devisit. Kita harus berkomitmen dengan rasionalisasi itu, kegatan mana yang tidak dilaksanakan dan mana yang dilaksanakan,'' tambahnya.

Baca Juga: APBD Defisit, Dana Inbup Dipangkas

Ditanya berapa besar defisit APBD Bengkalis tahun anggaran 2016 ini, kata Zamzami dalam kisaran Rp1,3 Triliun. ''Lumayan besar, makanya banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan,'' sebutnya.

Terpisah, sejumlah elemen menyayangkan kebijakan rasionalisasi yang dilakukan Pemerintah Daerah, mengingat sebagian proyek-proyek besar yang dinilai belum mendesak tidak dilakukan rasionalisasi.

''Rasionalisasi itu kegiatan di kampung-kampung, tengok yang di tengah kota, jalan masih mulus-pun dilapisi lagi, parit-parit ditutup, mulai dari yang kecil sampai paling besar. Padahal belum mendesak, masih jauh mendesak jalan-jalan yang ada di kampung,'' gerutu Arifin warga Bantan. *** #Semua Berita Bengkalis, Klik di Sini

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/