Home >  Berita >  Payakumbuh
Nomor Urut Calon Walikota Kota Payakumbuh Ditetapkan

1 Wendra-Ennaidi, 2 Riza-Erwin, 3 Wandel-Fitria

1 Wendra-Ennaidi, 2 Riza-Erwin, 3 Wandel-Fitria
Tiga pasang calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh berdasarkan nomor urut .
Rabu, 26 Oktober 2016 12:59 WIB
Penulis: Bayu De Nura

PAYAKUMBUH - Rapat pleno terbuka pengumuman dan penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) walikota dan wakil walikota Payakumbuh periode 2017-2022 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, bertempat di GOR M Yamin Payakumbuh, Selasa (25/10), berjalan sukses.

Sebelum pengambilan nomor urut, ketua KPU Payakumbuh Hetta Mambayu, menjelaskan, pasca-penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon), diimbau untuk segera melaporkan dana awal kampanye yang dipakai acuan awal pelaksanaan kampanye ke depannya.

"Kaitannya dengan laporan penerimaan dana kampanye, mohon nanti diperhatikan karena ada dalam kampanye yang bisa membatalkan dan peringatan. Saya juga berharap, dalam mengisi masa kampanye, tiap calon dapat berkonsultasi dengan Panwaslu untuk menghindari kesalahan,"ujar Hetta.

Di penutup acara ketua KPU Hetta Manbayu meyampaikan, KPU kota Payakumbuh selaku penyelenggara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh menghimbau kepada semua tim Paslon untuk dapat turut serta mewujudkan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota yang bermartabat dan turut serta menciptakan situasi yang kondusif di kota Payakumbuh.

Pada malam yang cukup ramai untuk menyaksikan pengambilan nomor itu, akhirnya nomor 1 diperoleh Paslon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh Wendra Yunaldi-Ennaidi dari jalur indenpenden (Perorangan), nomor urut 2 diperoleh Paslon Riza Falepi-Erwin Yunas diusung Partai Politik (Parpol) PKS, PBB dan Partai Gerindra. Sedangkan nomor urut 3 diperoleh Paslon H. Suwandel Muchtar-H. Fitrial Bachri.

Paslon nomor 3 itu diusung 5 Parpol yakni Partai Demokrat, Partai PDI-P, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Hanura. Kemudian, juga didukung oleh Parpol Partai Nasdem. Ketiga Paslon tersebut resmi bertarung di ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Sebelumnya, KPU kota Payakumbuh telah menetapkan tiga calon walikota dan wakil walikota Payakumbuh, Senin (24/10). Penetapan dilakukan sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka yang menyatakan ketiganya lolos verifikasi, sesuai SK KPU Nomor : 46/Kpts/KPU-Kota-/003.435146/2016, tanggal 24 Oktober 2016.

Dalam melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Paslon walikota dan wakil walikota Payakumbuh tahun 2017 itu, dihadiri Kapolres kota Payakumbuh AKBP Kuswoto bersama personilnya, Forpimda, ketua Panwaslu, Kasatpol PP Fauzi Firdaus beserta personilnya, Dinas terkait, tim kampanye Paslon, ketua Parpol, Jajaran Muspika, lurah, wartawan, LSM, ketua PPK dan PPS se kota Payakumbuh.

Sebelum berlangsungnya penetapan undian nomor urut para tamu undangan dan ketiga pasangan calon walikota dan wakil walikota di hibur dengan aktrasi seni tari, puisi dan orgen tunggal yang diisi oleh Cabiak artis minang Payakumbuh.

Kemudian, dalam pelaksanaan rapat pleno tersebut, pengambilan nomor urut undian melalui 2 tahapan, yakni tahapan pertama, pengundian pengambilan nomor urut berdasarkan nomor urut pendaftaran yang dicabut oleh calon wakil walikota.

Sedangkan tahap kedua, pengundian nomor urut dicabut calon walikota. Kemudian pembacaan ikrar dilanjutkan penandatangan ikrar damai pemilihan walikota dan wakil walikota Payakumbuh tahun 2017 yang bermartabat, disaksikan pejabat Forpinda, KPU kota Payakumbuh dan Panwas pemilihan kota Payakumbuh.

Hasil undian nomor urut pasangan calon berdasarkan surat keputusan nomor : 46/Kpts/KPU-Kota-/003.435146/2016, tentang penetapan nomor urut pasangan calon walikota dan wakil walikota Payakumbuh adalah:

1. Nomor Urut (1) pasangan calon;

Walikota                   : H.Wendra Yunaldi,SH,MH.

Wakil Walikota        : H.Ennaidi,S.Sos.

2. Nomor Urut (2) pasangan calon;

Walikota                    : H.Reza Falepi,ST,MT.

Wakil Walikota         : H.Erwin Yunaz,SE.

3.Nomor Urut (3) pasangan calon;

Walikota                     : Drs.H.Suwandel Muchtar,M.M.

Wakil Walikota          : Drs.Fitrial Bachri.

Editor : M Siebert
Kategori : Payakumbuh, Politik

Loading...
www www