Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Kunker Komisi B DPRD kota Payakumbuh ke Jawa Barat

Diakui Kota Bogor Lebih Maju Dari Kota Payakumbuh

Diakui Kota Bogor Lebih Maju Dari Kota Payakumbuh
Saling Tukar Cendera Mata.(f/bdn)
Rabu, 28 September 2016 15:02 WIB
Penulis: Bayu De Nura
BOGOR--KETUA komisi B DPRD Payakumbuh, Chandra Setipon dan Wulan Denura Sekretaris, serta anggota komisi Syafrizal, Hendri Wanto, Aribus Madri dan Ridwan melakukan kunker (kunjungan kerja), ke PD PPJ (Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya) Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (25/9).

Laporan : Bayu Denura—Jawa Barat


Selain anggota komisi, juga didampingi mitra kerja dipimpin langsung Sekda Kota Payakumbuh Benni Warlis, kepala DPPKA Kota Payakumbuh Syawal, Kepala Satpol PP Kota Payakumbuh Fauzi Firdaus, Kepala BPNKB Syahnadel Khairi, kepala BPMD – PTSP Harmayunis, Dirut PDAM Kota Payakumbuh Herry Iswahyudi dan Kepala Cabang Bank Nagari Kota Payakumbuh Zainal Abidin.


Dalam kunker ke Kota Bogor pada intinya Komisi B DPRD Kota Payakumbuh ingin belajar dan mempertanyakan tentang pasar yang dikelola PD PPJ Kota Bogor.


Menjawab pertanyaan ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Chandra Setipon, Direktur Umum PD PPJ Ir. Deni S. Harumantaka menjelaskan, PD PPJ didirikan di Kota Bogor pada tanggal 7 Juli 2009, berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 73 tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor.


Ditambahkan Deni, Ketika menjadi Perusahaan Daerah, PDPPJ berkewajiban meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor. "Kami sangat bersyukur PAD yang disetorkan PDPPJ ke kas daerah meningkat dua kali dari tahun sebelumnya,” tuturnya.


PDPPJ dalam hal perkembangan keuangan perusahaan, pendapatannya naik dari tahun 2011 sampai sekarang. Dan mengenai proses penerimaan pegawai PDPPJ tidak ada yang dari PNS, sebut Deni.


Visi PD PPJ Kota Bogor, terpercaya, unggul, nyaman, profesional dan modern. Sedangkan misi kita PD PPJ “menjadikan pasar tradisional yang dikelola secara profesional, unggul, berstandar  Internasional dan sebagai tempat pilihan utama kegiatan perekonomian masyarakat yang bersih, indah, aman, nyaman, terjangkau, menguntungkan serta.sebagai penggerak perekonomian daerah Kota Bogor, jelasnya.


Ditambahkan Direktur Operasional Ir. Syuhairi, dihadapan anggota Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, dua belas pasar yang dikelola PD PPJ, diantaranya, pasar Baru Bogor, pasar Kebon Kembang Blok A, B, E, F dan G, pasar Gunung Batu, pasar Merdeka, pasar Devries, pasar Taman Kencan, pasar Sukasari, pasar Padasuka, pasar Warung Jambu, pasar Pamoyanan, pasar Tanah Baru serta Plaza Bogor.


Kunker ini berbuah manis setelah diakhiri dengan saling tukar cendra mata antara Komisi B Kota Payakumbuh dengan PD PPJ Kota Bogor.

Sementara itu, ketua komisi B DPRD Payakumbuh, Chandra Setipon, menjelaskan, memang kita akui kemajuan kota Bogor jauh lebih maju dari kota Payakumbuh. Makanya kita belajar, utamanya terhadap pengelolaan pasar, apa yang telah dibuat oleh PD PPJ kota Bogor akan kita terap di Payakumbuh nantinya,

“Study banding yang kita lakukan ke Jawa Barat dengan empat lokus ini, akan kita jadikan cermin untuk lebih maju lagi. Semuanya tergantung keseriusan pemerintah dan SKPD terkait untuk menyikapinya, “ujar Chandra Setipon.***

wwwwww