Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Usung 'Sumangaik Baru', Faldo Maldini Daftarkan Diri Maju di Pilgub Sumbar
Politik
19 jam yang lalu
Usung Sumangaik Baru, Faldo Maldini Daftarkan Diri Maju di Pilgub Sumbar
2
Mulai Senin Ini, Pasaman Barat Tetapkan ASN Bappeda-Pemnag Bekerja dari Rumah
Pasaman Barat
19 jam yang lalu
Mulai Senin Ini, Pasaman Barat Tetapkan ASN Bappeda-Pemnag Bekerja dari Rumah
3
Kapal Patroli Polairud Tenggelam, 3 Polisi Hilang
Peristiwa
20 jam yang lalu
Kapal Patroli Polairud Tenggelam, 3 Polisi Hilang
4
Ini Identitas 3 Polisi yang Hilang Akibat Karamnya Kapal Patroli Polairud
Peristiwa
19 jam yang lalu
Ini Identitas 3 Polisi yang Hilang Akibat Karamnya Kapal Patroli Polairud
5
Calon Tunggal Berpontensi Hadapi 31 Kotak Kosong Jadi Preseden Buruk Pilkada
GoNews Group
6 jam yang lalu
Calon Tunggal Berpontensi Hadapi 31 Kotak Kosong Jadi Preseden Buruk Pilkada
6
Jika Banyak 'Kotak Kosong' di Pilkada 2020
Politik
8 jam yang lalu
Jika Banyak Kotak Kosong di Pilkada 2020
Loading...
Home  /   Berita  /   Politik

Inilah Sekilas Profil Calon Kepala Daerah Kota Payakumbuh dari Jalur Perseorangan Wendra - Ennaidi

Inilah Sekilas Profil Calon Kepala Daerah Kota Payakumbuh dari Jalur Perseorangan Wendra - Ennaidi
Pasangan Cawako perseorangan Wendra Yunaldi - Ennaidi diantar masyarakat pendukungnya saat mendaftar ke KPU Kota Payakumbuh, Selasa 22 September 2016 lalu.
Senin, 26 September 2016 15:58 WIB
Penulis: Jontra
PAYAKUMBUH - Jelang berlangsungnya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh yang dilaksanakan pada Februari 2017 nanti, situasi politik di Kota Payakumbuh sudah terlihat menghangat.

Pilkada yang akan diikuti tiga pasangan calon: Wendra Yunaldi dan Ennaidi, Suwandel Muchtar dan Fitrial Bachri, Riza Falepi dan Erwin Yunaz itu dinilai masyarakat kota sebagai Pilkada yang unik.

Pasalnya, Petahana Wawako Suwandrel Muchtar dan Fitrial Bachri didukung gabungan Parpol yaitu PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, dan PAN. Jumlah kursi di DPRD untuk gabungan partai ini sebanyak 12.

Petahana Riza Falepi dan Erwin Yunaz didukung oleh Parpol PKS, P.BB, dan Gerindra.

Sedangkan, Paslon Wendra Yunaldi dan Ennaidi maju ke Pilkada Payakumbuh ini lewat jalur Perseorangan (Independen). Pasangan ini mendapatkan dukungan KTP sebanyak 9.044 dan dinyatakan oleh KPU telah memenuhi syarat.

Wendra dan Ennaidi bukanlah "aktor" baru di dunia politik. Sebelumnya Wendra pernah bertarung di Pileg 2009 silam.

Selain berkecimpung di dunia politik, Wendra dikenal juga sebagai pengusaha di bidang properti. Wendra juga aktif di sejumlah organisasi. Ia juga seorang akademisi yang mengajar di Fakultas Hukum UMSB dan tercatat sebagai kader muda Muhammadiyah serta beberapa Ormas besar lainnya.

Sementara itu pasangannya Ennaidi Dt Angguang Nan Pandak, adalah mantan birokrat senior. Hampir separuh hidupnya dipergunakan untuk mengabdi di Kota Payakumbuh sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.

Berbagai posisi serta jabatan strategis pernah disandang oleh bapak dari tiga putra ini saat menjadi Aparatur Sipil Negara.

Tercatat pada tahun 2000 - 2003 menduduki posisi Kabag Keuangan Kota Payakumbuh, sementara pada tahun 2003 - 2007 menjabat sebagai Kabag Dalminbang (Pengendalian administrasi Pembangunan). Pada tahun 2007 - 2008 dirinya menjabat sebagai Kepala BPKD (Badan Pengelola Keuangan Daerah) Kota Payakumbuh.

Sementara itu pada tahun 2008 -2011 Ennaidi menjabat sebagai Kepala DPPKA (Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset) Kota Payakumbuh.

Beberapa penghargaan juga sudah didapatkan oleh Ennaidi Dt Angguang selama dirinya mengabdi pada Negara.

Sedangkan untuk jabatan organisasi yang pernah dia pegang adalah sebagi pengurus DPD KNPI Kota Payakumbuh dari tahun 1980 - 1986, selanjutnya pengurus AMPI pada Tahun 1989 - 1993. Pada tahun 1997 - 2012 dirinya juga didaulat sebagai pengurus KONI Payakumbuh dan juga menjadi Wakil Ketua Kwracab Pramuka Kota Payakumbuh dari periode 2010 - 2015 silam.

Setelah pensiun menjadi ASN, Ennaidi Dt Angguang Nan Pandak berkarir di dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrat Payakumbuh. Di partai tersebut dirinya menjabat sebagai Bendahara DPC Demokrat Kota Payakumbuh.

Saat Pilkada Payakumbuh 2017 ini akan berlangsung, akhirnya Wendra Yunaldi menghubungi dan mengajak Ennaidi sang birokrat senior guna mendampingi dirinya untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin kota Payakumbuh di masa yang akan datang dari jalur Perseorangan (independen).(**)

Kategori : Payakumbuh, Politik

Loading...
www www