Home  /  Berita  /  Politik

KPU, Panwaslu dan Masyarakat Diminta Sukseskan Pilkada Payakumbuh

KPU, Panwaslu dan Masyarakat Diminta Sukseskan Pilkada Payakumbuh
BAWASLU-Indeks Kerawanan Pemilu Payakumbuh Rendah
Minggu, 25 September 2016 21:20 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Payakumbuh 15 Februari 2017 mendatang, diharapkan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi sukses, untuk itu, Walikota mengajak aparatur penyelenggara Pemilu di Payakumbuh serta seluruh masyarakat kota ini, untuk bersama menyukseskannya.

Meski Bawasku RI sudah mengeluarkan data, bahwa Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dan Pilkada di Payakumbuh rendah, tapi seyogianya warga kota tak terlena dengan angka IKP itu. Sebaliknya, aparatur penyelenggara Pemilu dan  warga diminta untuk terus mewasdiri dan meningkatkan partisipasinya dalam setiap gelar pesta demokrasi dimaksud.
 
Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ketika menerima anggota Panwaslu Payakumbuh yang diketuai Media Febrina, di Balaikota Payakumbuh, baruy-baru ini. Kunjungan Panwaslu itu, juga memastikan pendanaan buat Panwaslu, guna menyukseskan Pilkada 2017 mendatang.
 
Pada acara grand launching IKP dan Pemilihan Kepala Daerah 2017, di Jakarta, dihadiri Mendagri, Menkopulhukam, Jaksa Agung, Kapolri, Panglima ABRI. Komisi II DPR RI. KPU dan Bawaslu, serta gubernur dan walikota/bupati yang daerahnya akan ikut Pilkada 2017, dijelaskan IKP setiap daerah di Indonesia. Ada tiga dimensi kerawanan yang harus diwaspadai, yaitu pada kegiatan penyelenggaraan (30%), kontestasi (35%) dan partisipasi (5%).
 
Menurut Walikota Riza Falepi didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Yoherman, SH, S.Sos dan Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Politik Dra. Hj. Ryuslayetti, Payakumbuh dari ketiga dimensi itu tercatat paling baik dalam laporan Bawaslu. IKP Payakumbuh tercatat 1,859, dan dinilai memiliki tingkat kerawanan rendah. Skor yang dikeluarkan Bawaslu, 0  – 1,99 sama dengan kerawanan rendah, 2,00 – 2,99 (kerawanan sedang) dan 3 – 5 (kerawanan tinggi).
 
Walikota berharap, baik KPU, Panwaslu, serta para kontestan Pilkada dan para pendukungnya, mari sama-sama menyukseskan Pilkada nanti, dengan tidak menimbulkan kegaduhan di kota ini. Nama baik kota, sebagai pemilik IKP yang rendah, harus dipelihara bersama, katanya.
 
Sementara itu, ketua Panwaslu Media Febrina, pihaknya siap mengawal tahapan Pilkada Payakumbuh dan akan memberikan sosialisasi yang maksimal terhadap warga, terkait dengan tiga dimensi IKP itu, sebutnya.  Sama dengan walikota, Panwaslu juga punya target, agar IKP Payakumbuh jauh lebih rendah lagi, tegasnya.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Politik, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/