Home  /  Berita  /  Umum

Payakumbuh Terima Penghargaan ISCN dari PT. Telkom

Payakumbuh Terima Penghargaan ISCN dari PT. Telkom
Walikota Riza Falepi Menyerahkan penghargaan Implementasi Smart City Nusantara (ISCN) Tahun 2016. (bdn)
Selasa, 23 Agustus 2016 10:00 WIB
Penulis: Bayu de Nura
PAYAKUMBUH--Kota Payakumbuh bersama Padang (Sumbar), Tanjung Pinang (Kepri) dan Banda Aceh (NAD), empat kota di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), dinilai PT Telkom Indonesia yang cukup serius dalam mengembangkan e-government.

 
Keempat kota tersebut, oleh PT Telkom Indonesia diberikan penghargaan Implementasi Smart City Nusantara (ISCN) Tahun 2016. Payakumbuh, satu-satunya kota diluar ibukota provinsi yang memperoleh penghargaan itu.
 
Penghargaan Implementasi Smart City Nusantara (ISCN) itu, diserahkan GM PT Telkom Wilayah Sumbar, Darmawi kepada Walikota H. Riza Falepi, dalam acara di Balairung rumah dinas kediaman walikota, di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Selasa (16/8). Dihadiri Asisten II Setdako H. Amriul, Sekretaris Dishubkominfo Hendri Refdinal, M.Si dan Kabid Kominfo Armen.
 
Menurut GM PT Telkom Sumbar, Darmawi, penetapan 71 kota dan kabupaten di Indonesia yang memperoleh ISCN, dilakukan secara ketat oleh jajaran direksi, dua hari sebelumnya. Begitu nama kota dan kabupaten diumumkan, seluruh GM PT Telkom provinsi, diperintahkan direksi PT Telkom untuk mengantarkan penghargaan tersebut kedaerah penerima.
 
Menurut Darmawi, Payakumbuh sudah mempunyai jaringan fiber optic (FO) yang cukup baik di Sumatera Barat. Tinggal lagi, bagaimana pemko memanfaatkan jaringan FO dimaksud, dalam mengembangkan dan membangun smart city kedepan.
 
Sebagai kota penerima ISCN, Payakumbuh diberi reward oleh PT Telkom, berupa 4 keuntungan yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama setahun kedepan. Keempat bentuk reward itu, pemasangan wifi. Id pada 10 titik di kota ini, kemudian aplikasi pustaka digital, u. data dan k.baca. Seluruh aplikasi tersebut dapat diakses pemakai internet di kota ini, free selama setahun, kata Darmawi.
 
Walikota Riza Falepi, mengaku sangat senang dengan penghargaan PT Telkom Indonesia itu. Menurutnya, penghargaan ISCN akan mendorong pemko untuk terus mengembangkan dunia IT di Payakumbuh. “Kami ingin maju seperti kota-kota besar lainnya di Jawa, dalam membangun IT. Hanya saja, kemapuan financial kota ini sangat terbatas sekali. Mudah-mudahan dengan perhatian dan pendampingan PT Telkom buat Payakumbuh, kota ini akan lebih baik kedepan dalam menata pembangunan IT-nya,” sebut walikota.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Umum, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/