Home  /  Berita  /  Umum

Pemkab Limapuluh Kota Kembali Fasilitasi JCH

Pemkab Limapuluh Kota Kembali Fasilitasi JCH
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bendera rombongan kepada Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Letkol Inf. Heri Sumitro, S.Pd yang sehari-harinya Dandim 0306/50 Kota.(tri)
Jum'at, 12 Agustus 2016 13:22 WIB
Penulis: Tri nanda

LIMAPULUH KOTA--Seperti waktu sebelumnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali menanggung dan memfasilitasi pemberangkatan serta pemulangan jamaah calon haji (JCH) dari daerah ke asrama haji di Padang dan sebaliknya. Para jemaah tersebut diharapkan mampu bertindak sebagai duta bangsa dan daerah.

Demikian Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya pada acara melepas secara resmi jemaah calon haji Kabupaten Limapuluh Kota di aula kantor bupati setempat, Kamis (11/8).

“Kita menanggung transportasi domestik, sekaligus menyediakan makan dan minum jemaah calon haji untuk pemberangkatan ke asrama haji dan kepulangan kembali ke Kabupaten Limapuluh Kota. Kita berharap ini bisa sedikit meringankan beban jemaah,” ujar Irfendi.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga menyampaikan, jamaah calon haji tahun ini akan didampingi Letkol Inf. Heri Sumitro, S.Pd yang sehari-harinya Dandim 0306/50 Kota sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Ia mengajak para jemaah bersatu dan senantiasa disiplin serta mengikuti pemandu atau pendampingnya agar semua tahapan ibadah terlaksana dengan aman dan lancar

“Kita berharap Dandim Heri Sumitro dapat bekersama yang dengan ketua rombongan dan ketua regu dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap jemaah calon haji mulai dari pemberangkatan sampai kembali ke tanah air. Begitu juga dengan para jemaah untuk selalu bersatu dan disiplin,” tutur Irfendi.

Irfendi juga meminta jemaah bisa berbaur dengan berbagai suku bangsa dan umat Islam dari berbagai penjuru dunia. Selain itu memelihara dan menjaga martabat dan kebersamaan serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

Hal senada ikut dilontarkan ketua DPRD syafarudin Dt. Bandaro Rajo. Ia mengingatkan jemaah untuk saling tolong menolong terutama terhadap mereka yang sudah berusia lanjut. Tak kalah pentingnya, sekembali dari tanah suci itu mampu menunjukan sikap dan tindak tanduk sebagai haji yang mabrur.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Gusman Piliang dalam laporannya menjelaskan, jumlah jamaah calon haji tahun ini sebanyak 188 orang, dengan masing-masingnya 72 orang laki-laki dan 116 orang perempuan. Jemaah termuda bernama Fajirul Aflah Bin Riswandi (21) asal Tanjung Barulak Nagari Kubang. Sedangkan jemaah tertua bernama Marianis Binti Mara (85) warga Suayan Tinggi Akabiluru.

Jemaah dari daerah ini tergabung dalam kloter 09 embarkasi Padang yang ebrangkat bersama jamaah dari Kota Payakumbuh dan Padang. Kloter 09 ini masuk asrama pada tanggal 20 Agustus dan berangkat ke tanah suci esoknya tanggal 21 Agustus dan perkiraan kembali ke tanah air pada tanggal 30 September 2016.

Para jemaah tersebut, lanjut Gusman, akan menempati maktab nomor 57 rumah nomor 313 di wilayah Aziziah.

Ikut hadir dalam acara melepas jemaah calon haji itu Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, ketua Pengadilan Agama Tanjung Pati, Dan Yon 131 Braja Sakti, Dan den Zipur 2 Padang Mengatas serta sejumlah kepala SKPD.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Umum, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/