Home  /  Berita  /  Peristiwa

Pantau Rute Mudik di Lintas Barat, Kapolda Riau Sempat Blusukan ke Pasar Rawan Macet dan Titik Longsor

Pantau Rute Mudik di Lintas Barat, Kapolda Riau Sempat Blusukan ke Pasar Rawan Macet dan Titik Longsor
Kapolda Riau blusukan di Pasar Kampar saat meninjau kesiapan arus mudik Lintas Barat (Foto: Chairul Hadi)
Selasa, 14 Juni 2016 10:51 WIB
Penulis: Chairul Hadi
PEKANBARU - Sejumlah kawasan rawan kemacetan dan titik longsor sepanjang jalur Lintas Barat di Kabupaten Kampar, yang menghubungkan Riau dengan Sumatera Barat jadi sasaran tinjauan Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto, Selasa (14/6/2016) pagi.

Tinjauan itu untuk mengecek langsung kesiapan polisi dan instansi terkait lainnya, jelang mudik lebaran yang tinggal menyisakan beberapa pekan ke depan. Di Kampar, Brigjen Supriyanto sempat blusukan langsung di lokasi rawan kemacetan, salah satunya pasar tumpah.

Pantauan GoRiau.com, blusukan Kapolda Riau tersebut didampingi langsung oleh Dirlantas Polda Riau, Kombes Guritno, Kapolres Kampar AKBP Edi Sumardi, Dinas Perhubungan dan Jasaraharja.

Ada beberapa tempat yang disinggahi, antara lain Pasar Danau Bingkuang di Desa Tambang, Pasar Kampar dan Pasar Kuok. Titik tersebut diprediksi bakal menimbulkan kemacetan saat mudik, mengingat berada persis di dekat jalan utama (Jalan Lintas).

"Usahakan ada petugas di sini, buat pagar betis agar para pedagang tidak meluber jualan sampai ke bahu jalan, biar nggak macet. Kalau ada Pos Pengamanan dan Pelayanan juga bagus didirikan di sini," kata Kapolda saat memberikan arahan kepada Kapolres Kampar.

Atensi lainnya yang jadi perhatian orang nomor satu di kepolisian Riau ini adalah titik blackspot di beberapa ruas jalan yang rawan terjadinya kecelakaan. "Sebelum masuk blackspot supir harus waspada. Yang lelah ingatkan supaya beristirahat," kata Supriyanto.

Selain tiga pasar tersebut, Kapolda Riau dan rombongan juga sempat berhenti di lokasi rawan longsor bekas galian batu, yang jaraknya beberapa meter dari pintu masuk PLTA Koto Panjang. "Ada alat berat yang siaga? Biar kalau ada gangguan bisa diantisipasi cepat," tutupnya.

Dari situ, tinjauan arus mudik dilanjutkan hingga ke perbatasan Riau-Sumatera Barat dekat Kelok Indah. Sejauh ini kondisi jalan bisa dibilang sangat layak, tidak begitu banyak lubang dan rambu-rambu juga sudah terpasang pada tempatnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/