Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Hebat, Akhirnya Irvan Khairul “Melawan” Kebijakan Gubernur Irwan Prayitno

Hebat, Akhirnya Irvan Khairul “Melawan” Kebijakan Gubernur Irwan Prayitno
Kutipan surat Kepala Badan Kesbangpol Irvan Khairul Ananda yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumbar
Senin, 23 Mei 2016 20:00 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat Irvan Khairul Ananda akhirnya memberikan perlawanan kepada Gubernur Irwan Prayitno yang mencabut kewenangannya sebagai pejabat eselon II. 

Bentuk perlawanan Irvan Khairul dengan menulis pernyataan tertulis bahwa pencabutan kewenangan tersebut adalah bentuk pembunuhan karakter anggota/staf, tidak memberikan keadilan tapi memihak kepada golongan yang berkuasa.

Surat pernyataan tertanggal 19 Mei 2016 ini ditujukan kepada Ketua DPRD Sumbar. Hal tersebut terungkap ketika Irvan Khairul dikonfrontir bersama Sekdaprov Ali Asmar oleh Komisi I DPRD Sumbar, Senin (23/5/2016).

Dihadapan Komisi I, Irvan Khairul membantah keterangan Ali Asmar bahwa dirinya tidak berkinerja baik. “Keterangan itu tidak sesuai fakta,” tegas Irvan Khairul.

Irvan juga menyebut Sekdaprov berbohong terkait alas an pencabutan kewenangannya. Hal itu dirasakan sangat membunuh karakternya sebagai pejabat eselon II. Sebagai Ketua DPP KORPRI, Sekdaprov dinilai tidak memberikan penghargaan tapi menghancurkan karir anggota. Tidak memberikan keadilan tapi berpihak kepada golongan berkuasa.

Irvan menyatakan menggugat keras jawaban dan pernyataan Sekdaprov Ali Asmar. Sebab menurutnya, berdasarkan hasil LAKIP Badan Kesbangpol tahun 2013 mendapatkan nilai 66,92 (Prediket B), tahun 2014 mendapatkan capaian 150 (Kategori Sangat Baik) dan tahun 2015 mendapatkan nilai 61,35 (Kategori B). Laporan Akhir Tahun (LAT) Badan Kesbangpol setiap tahun anggaran selalu yang pertama sampai di meja gubernur.

Selain itu, ia juga menyebutkan, kordinasi dengan komponen luar juga berjalan baik seperti dengan Korem 032 Wirabraja, Kejati, Polda, Lanud Tabing, Lantamal II Teluk Bayur, Kanwil Kumham maupun dengan parpol dan ormas apalagi dengan kabupaten dan kota. Di tingkat nasional, Sumatera Barat masuk sebagai lima daerah teraman dalam pelaksanaan Pileg, Pilpres dan Pilkada Serentak 2015 lalu.

Lima pejabat lain di lingkungan Pemprov Sumbar antara lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Syamsul Rizal, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Syofyan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Mudrika, Asisten III Sudirman Gani dan Kepala Biro Organisasi Onzukrisno. (agb)

wwwwww