Home  /  Berita  /  GoNews Group

Peureulak, Kantong Terbesar Penderita Gangguan Jiwa di Aceh Timur

Peureulak, Kantong Terbesar Penderita Gangguan Jiwa di Aceh Timur
ilustrasi
Rabu, 04 Mei 2016 19:30 WIB
Penulis: Asrarul Mufidah

ACEH TIMUR - Jumlah keseluruhan penderita gangguan jiwa di wilayah Aceh Timur mencapai 948 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data yang dihimpun Bidang Program Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Aceh Timur di tahun 2015.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, melalui Kasi Kesehatan Khusus yang membidangi Program Kesehatan Jiwa, Yusniar SKM, kepada GoAceh.co, Rabu (4/5/2016) mengatakan, Kecamatan Peureulak merupakan penyumbang terbanyak penderita ganguan jiwa, dengan jumlah penderita mencapai 190 orang. Posisi kedua disusul Kecamatan Idi Rayeuk, dengan jumlah penderita sebanyak 70 orang.

“Dari jumlah keseluruhan 948 orang penderita gangguan jiwa di wilayah Aceh Timur, diduga paling banyak disebabkan oleh NAPZA, “ kata Yusniar.

NAPZA merupakan akronim dari Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya yang merupakan jenis obat-obatan yang dapat mempengaruhi gangguan kesehatan dan kejiwaan.

Upaya untuk penangganan para penderita gangguan jiwa di Aceh Timur, kata Yusniar, pihaknya terus menempuh berbagai upaya penanganan penyembuhan.

“Baik itu melakukan kunjungan rutin (visit home) oleh petugas program jiwa dari Puskesamas untuk memberikan obat ke pasien secara rutin, maupun melakukan rujukan pasien ke RSUJ Banda Aceh, bagi pasien yang telah parah ganguan jiwanya,“ papar Yusniar.

Pihaknya juga mengajak keluarga pasien untuk berperan aktif dalam penangan pasien ganguan jiwa.

“Kita juga mengajak keluarga pasien untuk dapat berperan sepenuhnya dalam merawat pasien ganguan jiwa dengan penuh kesabaran, “ pungkas Yusniar SKM. (asr)

Editor:Ridwan Iskandar
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/