Home  /  Berita  /  Umum
Wawako Payakumbuh H. Suwandel Muchtar

Penghargaan Dukungan Kepala Daerah Momentum Menggetarkan

Penghargaan Dukungan Kepala Daerah Momentum Menggetarkan
Direktur Program PerpuSeru Erlyn Sulistyaningsih usai menyerahkan penghargaan kepada Wawako Payakumhuh H. Suwandel Muchtar.
Sabtu, 16 April 2016 18:37 WIB
Penulis: Bayu De Nura

PAYAKUMBUH--Penghargaan atas komitmen dan dukungan kepala daerah dalam pengembangan perpustakaan melalui program PerpuSereu, dengan penganggaran daerah secara mandiri, diterima Wawako Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, Rabu-Jum’at (13-15/4) di Bali, merupakan momentum menggetarkan diseluruh nusantara.

Direktur Program PerpuSeru (Perpustakaan Seru), Erlyn Sulistyaningsih, usai penyerahan pengahrgaan kepada Suwandel Muchtar, mengatakan, dalam empat tahun pelaksanaan komitmen tersebut, banyak dampak perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mengecap layanan perpustakaan mitra program PerpuSeru.

Sebanyak 118 perpustakaan umum mitra program PerpuSeru, mulai dari desa/kelurahan, kabupaten/kota hingga TBM kompak menyediakan beragam sarana agar kualitas hidup masyarakat membaik. Tak  hanya menyediakan sarana membaca lewat buku tetapi juga layanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“PerpuSeru menjelajah Sabang sampai Merauke” dan “PerpuSeru untuk Hidup Lebih Baik” adalah tema besar dalam rangkaian acara tersebut. Pemberian penghargaan bagi pemimpin daerah ini, karena kepala daerah telah mendukung pengembangan perpustakaan. Seremonial kerjasama juga tentu jadi hal yang ditunggu-tunggu.

“Dukungan nyata dari setiap pihak, seperti di Payakumbuh, akan semakin membangkitkan semangat untuk mengembangkan perpustakaan jadi lebih baik dan  untuk hidup lebih baik, perpustakaan daerah di Payakumbuh, kami nilai sangat baik dan berkembang, “ujar Erlyn.

Wakil Walkota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar didampingi kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan (KAP) Payakumbuh Drs. Zulrefri beserta tim fasilitator Adrika Arlis, usai menerima penghargaan atas komitmen dan dukungan kepala daerah dalam pengembangan perpustakaan melalui program perpuseru, mengatakan, terima kasih kepada Perpuseru yangtelah memberi ruang kepada KAP Payakumbuh.

Ketika kami di Bali, selain menerima penghargaan, juga dilakukan pencanangan komitmen bersama untuk pengembangan perpustakaan untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Penerimaan penghargaan dan pencanangan komitmen di Bali itu, tidak hanya daerah kota Payakumbuh, akan tetapi juga bersama-sama dengan kepala daerah di 98 kota/kabupaten. Mitra program perpuseru dan stakeholder nasional.

“Suksesnya KAP Payakumbuh dalam 2 tahun ini, tidak terlepas dukungan dari semua pihak, utamanya kerja keras pengelolaan perpustakaan. Sehingga kita melihat dari 2 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang menjadi mitra perpustakaan daerah, kini bertambah 5 lagi sebagai calon mitra perpustakaan daerah, “ujar Wawako.

Terbukti saat ini, sebanyak 39 perpustakaan di kelurahan yang menjadi mitra KAP telah mendapatkan pelatihan-pelatihan di perpustakaan mitra Perpuseru, termasuk pelatihan komputer dan internet. Ditambah lagi, ratusan perpustakaan di masing-masing sekolah dibawah binaan dinas Pendidian juga telah mengecap pelatiohan dari tim fasilitator dinas Pendidikan.

“Acara bertema “Road to Building Commitment” atau “Lokakarya Membangun Komitmen Pengembangan Perpustakaan” ini akan menjadi langkah selanjutnya bagi PerpuSeru melangkah dari Sabang sampai Merauke. 98 pemimpin daerah pun akan mendukung aksi pengembangan perpustakaan tersebut, “ujar Wawako menirukan ucapan direktur Program PerpuSeru Erlyn Sulistyaningsih.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/