Home  /  Berita  /  GoNews Group

Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, Tempat Shalat Jamaah dan Musyawarah Nan Nyaman

Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, Tempat Shalat Jamaah dan Musyawarah Nan Nyaman
Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, Tempat Shalat Jamaah dan Musyawarah Nan Nyaman. (Foto: Tapays/GoSumbar)
Sabtu, 19 Maret 2016 17:07 WIB
Penulis: W Leto Tapays
SOLOK- Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok bukan saja berfungsi sebagai tempat ibadah atau salat berjemaah, tetapi menjadi tempat pertemuan dan musyawarah dan dialog santai berbagai kalangan.

Masjid ini kian ramai oleh jemaah. Selain melaksanakan salat berjemaah, mendengar wirid pengajian, juga untuk berbincang santai dengan teman dan sahabat. Usai salat berjemaah, terutama pada siang dan sore hari.

Biasanya sehabis salat Jumat, banyak jemaah yang duduk santai di teras masjid untuk membicarakan berbagai topik hingga Asar menjelang. Bukan saja para pensiunan, beberapa warga lainnnya juga terlihat menghabiskan waktu untuk bersantai di masjid yang terkesan nyaman ini.

Di samping untuk tujuan ibadah, pekarangan masjid yang luas dan memiliki taman yang tertata rapi menjadi tempat bermain yang mengasyikkan bagi anak-anak. Karena itu banyak juga orang tua yang membawa anaknya ke masjid ini untuk santai.

Kebersihan masjid yang selalu terjaga dan pekarangan yang tertata rapi membuat kita betah berlama-lama di masjid ini.

Sekalipun tidak dinyatakan sebagai daerah tujuan wisata, kenyataannya banyak yang menjadikan masjid ini sebagai wisata religi.

Masyarakat yang bepergian ke wilayah Sawahlunto, Sijunjung, dan Dharmasraya misalnya ada yang sengaja mampir ke masjid untuk salat atau istirahat sejenak. Suasana masjid terasa sejuk, nyaman dan menyegarkan. Karena itulah wajar jika Masjid Agung Al-Muhsinin ini kini menjadi ikon Kota Solok, yang juga dikenal sebagai Kota Dagang dan Kota Pendidikan ini. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/