Home  /  Berita  /  Umum

Galakkan Go Green, IKMR Mandau Tanam 24 Ribu Pohon Jabon dan Sengon

Galakkan Go Green, IKMR Mandau Tanam 24 Ribu Pohon Jabon dan Sengon
Ketua IKMR Kecamatan Mandau, Indra V Dt Mangiang didampingi UPIKA Mandau melakukan penanaman pohon.
Minggu, 13 Maret 2016 10:14 WIB
Penulis: Ira Widana
DURI - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Mandau mengajak warga Duri dan sekitarnya untuk menjaga bumi dengan tidak hanya sekedar mengetahui tentang istilah go green, melainkan dapat melakukan go green dilingkungan tempat tinggal masing-masing. Seperti halnya yang sedang digalakkan oleh IKMR Mandau pada kegiatan Go Green di Desa Air Kulim, Minggu (13/3/2016).

Bersama ratusan masyarakat Desa Air Kulim, IKMR Mandau melakukan kegiatan Go Green dengan penanaman pohon. Tampak ikut dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Mandau, Kompol Taufiq Hidayat T, SH SIK, Plt Camat Mandau, Sapon MA, Ketua LAMR Mandau, Dzulfikar Indra, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa Air Kulim, dan sejumlah tokoh masyarakat Minang di Mandau.

Dikatakan Ketua IKMR Mandau, Indra Verniza Dt Mangiang kepada GoRiau.com, pada kegiatan Go Green perdana di Desa Air Kulim ini akan ada 1.000 pohon yang akan ditanam. Secara total ada 24 ribu bibit pohon Jabon dan Sengon yang akan ditanam di 24 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Target kita masing-masing Desa atau Kelurahan nanti akan mendapatkan seribu bibit pohon Jabon dan Sengon, plus pohon buah-buahan. Stok bibit pohon kita saat ini ada 400 ribuan pohon Sengon dan 3 ribuan pohon buah-buahan. InsyaAllah dengan program Go Green IKMR ini, kedepannya lahan-lahan tidur yang ada di Mandau ini menjadi hijau,"ujar Indra Dt Mangiang pada program Sosialnya.

Dari IKMR Kecamatan Mandau ini, lanjut Indra, juga menyediakan bibit pohon Jabon dan Sangon, jika masyarakat ingin membeli dan menanam pohon dipekarangan rumah masing-masing. Masih banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan dan tentunya upaya tersebut jangan ditunda-tunda.

" Bukan dengan melihat apa yang sudah dan belum dilakukan oleh orang lain, tetapi dengan kesadaran diri, yang justru nantinya akan berdampak bagi orang lain dan tentunya bagi bumi ini. Mulailah dari hal yang kecil, hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah bahwa go green bukan hanya sekedar istilah, tetapi sesuatu yang harus kita lakukan untuk menjaga bumi kita. Oleh karena itu, ayo lakukan go green sekarang," kata Indra.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Camat Mandau, sebelum melakukan penanaman pohon dihalaman kantor Desa Air Kulim sempat menyampaikan sekapur sirih kepada masyarakat yang hadir, bahwa program Go Green yang dilaksanakan IKMR Kecamatan Mandau ini, sangatlah positif dan patut untuk dilanjutkan.

" Pemerintah Kecamatan Mandau menghimbau masyarakat untuk dapat melanjutkan program penanaman pohon ini pada lingkungan tempat tinggal masing-masing. Semoga pohon yang ditanam hari ini dapat dirawat dengan baik, jadikan lingkungan tempat tinggal kita hijau," tutup Sapon.(*/rha)

Kategori:Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/