Home  /  Berita  /  Peristiwa

Mentawai Dilewati Gerhana Matahari Total, Bupati: Ini Bukti Keagungan Tuhan!

Mentawai Dilewati Gerhana Matahari Total, Bupati: Ini Bukti Keagungan Tuhan!
GMT di Mentawai. (Ist)
Jum'at, 11 Maret 2016 11:42 WIB

MENTAWAI - Kabupaten Kepulauan Mentawai satu-satunya daerah di Sumbar yang dilewati oleh gerhana matahari total (GMT) tepatnya di Sikakap. Peristiwa alam ini bertepatan pada hari raya Nyepi dan warga antusias menyaksikan gerhana matahari total pagi tadi pukul 07.19 WIB, berdurasi sekitar 2 menit, Rabu (9/3/16).

Bupati Kepulauan Mentawai,Yudas Sabaggalet saat diwawancarai mengatakan, peristiwa alam ini jarang kita temukan adapun terjadi sebelumnya kita menunggu sekian tahun, inilah fenomena yang terjadi di Mentawai yang kita rasakan saat ini.

Penjelasan Bupati Mentawai tentang GMT, kita bersyukur kepada Tuhan, bahwa fenomena alam ini merupakan keagungan Tuhan dan kita bersyukur kepada bangsa ini bahwa putra-putra bangsa sudah bisa memprediksi dan mempelajari fenomena alam.

Dimana kita dulu belum tahu kapan terjadinya fenomena alam ini, kita di Mentawai dulunya terjadi peristiwa alam banyak yang berfikir negatif atau berbaur mistik, tapi sekarang bangsa Indonesia sudah bisa mempelajari alam yang diciptakan oleh Tuhan ini luar biasa, kata Yudas

Bagi pendidikan jelas Yudas, ini menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga dan perlu di hidupkan kembali, kalau dimasa saya sekolah, kata Yudas ilmu falag dan ini ilmu teknologi.

Dia sebutkan di Mentawai dulunya tidak pernah menyaksikan GMT sebagai ilmu pengetahuan, tapi sekarang kita sudah tahu bahawa gerhana Matahari sebagai ilmu pendidikan, namun putra-putra Mentawai belum ada yan berminat mempelajari fenomena alam ini, ujarnya.

Selain menyaksikan gerhana Matahari total, masyarakat mengikuti aktivitas sholat sunnah dan dilanjutkan dengan senam bersama di Dermaga Pelabuhan Sikakap dihibur dengan berbagai warna musik.

Terkait dengan pariwisata kata Yudas kita berterima kasih dengan pariwisata bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata telah memberikan fasilitas dan masyarakat dapat melihat terjadinya gerhana matarai total di Mentawai.

Yudas sangat kecewa dengan informasi yang diberitkan oleh media televisi terkait dengan gerahana matahari total, hanya di sebutkan 11 provinsi dan sumatera barat tidak disebutkan, padahal hasil dari pengamatan BMKG, peristiwa gerhana matahari total Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Mentawai urutan pertama, tepatnya terjadi gerhana matahari total di seay baru.

Walupun tidak disebutkan Mentawai menjadi gerhana matahari total, namun secara teknis kementrian pusat sangat mendukung kegiatan gerhana matahari melalui pariwisata Mentawai dan juga bebrapa tamu dari mancanegara mendukung kegiatan gerhana matahari total di Kepulauan Mentawai.

Yudas berharap, pada tahun 2042 fenomena gerhana matahari akan kita persiapkan lebih baik lagi. (Hms/ers)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/