Home  /  Berita  /  Peristiwa

Fauzi Bahar Sampaikan Tips Penanganan Bencana Buat Wako Mahyeldi

Fauzi Bahar Sampaikan Tips Penanganan Bencana Buat Wako Mahyeldi
Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar
Minggu, 06 Maret 2016 13:44 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Buruknya penanganan mitigasi bencana saat terjadinya gempa Mentawai 7,8 Skala Richter (SR) oleh Pemko Padang juga mendapat sorotan dari mantan Walikota Padang, Fauzi Bahar. Menurut Fauzi, Pemko Padang lamban dalam memberikan rasa aman kepada warga yang pada saat gempa terjadi dilanda kepanikan.

"Tugas pemerintah adalah memberi rasa aman dan melindungi warganya saat terjadi bencana gempa maupun tsunami. Jangan biarkan masyarakat terlalu lama dilanda kepanikan," kata cagub pilkada 2015 lalu.

Dijelaskan Fauzi Bahar, apa yang diungkapkannya didasari penglihatannya langsung. Pada saat terjadi gempa warga kota panik sehingga berbondong menuju ke arah By Pass. Fauzi mengatakan, kepanikan tersebut tidak akan terjadi apabila Walikota Mahyeldi dan jajarannya menginformasikan secara cepat kepada warga.

Fauzi mencontohkan, saat dirinya menjadi walikota, sesudah gempa dirinya langsung menuju RRI dan menginformasikan secara langsung kondisi Kota Padang. Selain itu, sebagai kepala daerah dirinya meminta warga untuk tenang.

"Yang diperlukan warga adalah informasi yang benar dari seorang walikota," tegas Fauzi.

Menurut Fauzi Bahar, dalam keadaan bencana diperlukan niat dan nyali pemimpin melindungi warganya. "Hari itu saya tidak melihat walikota sekarang mampu memberi rasa aman kepada warga," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Fauzi juga menceritakan pengalamannya sebagai walikota menghadapi bencana gempa. Dijelaskannya, walikota harus mampu bersinergi dengan aparat keamanan seperti polisi dan TNI. Sebab, kedua lembaga ini diharapkan mampu membantu Pemko dalam penanganan bencana.

"Waktu saya jadi walikota, saya melapor dan meminta bantuan ke Kapolresta maupun Dandim. Ini juga harus dilakukan oleh walikota sekarang," Fauzi mengingatkan. (agb)

wwwwww