Home  /  Berita  /  Umum

BLH Riau Belajar Adipura ke Payakumbuh

BLH Riau Belajar Adipura ke Payakumbuh
Walikota H. Riza Falepi menerima Piala Adipura 2015 dari Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam acara Malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura di Jakarta
Selasa, 12 Januari 2016 15:55 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH -Gubernur Riau mengirim Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau ke Payakumbuh, mempelajari tata kelola lingkungan hidup  dan kebersihan di kota ini. Payakumbuh yang satu-satunya merebut Piala Adipura 2015 di Provinsi Sumatera Barat, membuka mata BLH Riau untuk mendalami soal LH dan tata kelola sampah di Kota Batiah.

Rombongan BLH berjumlah lima orang itu, dipimpin Kabid Penataan Hukum Lingkungan BLH Riau, Drs. Achirunnas. Di Payakumbuh, rombongan tamu dari provinsi Lancang Kuning itu diterima Kepala LH Payakumbuh Ir. Syamsurial, M.Si dan Kabid Kebersihan DTRK Men Apris. Setelah berdialog di Kantor LH di Kelurahan Bulakan Kandi, rombongan dibawa ke TPA Sampah Regional di Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan serta ke tempat pemprosesan sampah di Pasar Ibuah.

Kepala LH Payakumbuh Syamsurial, menjelaskan secara detail tata kelola lingkungan hidup dan persampahan di Payakumbuh. Meski dengan peralatan terbatas, tapi komitmen warga untuk mendukung kebersihan di Payakumbuh sangat tinggi. Di Payakumbuh, pengelolaan sampah juga  melibatkan jajaran pendidikan, murid sekolah dan komite sekolah, katanya.

Di Pasar Ibuah, rombongan BLH mengaku cukup puas dengan tata kelola sampah yang  menjadi sumber pendapatan daerah, yaitu dengan mengolah sampah basah, seperti ampas sayuran dan ampas ikan serta unggas menjadi pupuk organik. Sampah basah yang diolah menjadi pupuk, dikatakan Syamsurial, mampu mengurangi 50% sampah di pasar tradisional itu. Sehingga yang diangkut ke TPA  benar-benar  residunya saja.

Rombongan tamu, juga mengapresiasi pemko, dengan program pengolahan sampah berbasis masyarakat. Menurutnya, cara Payakumbuh menyerahkan sebagian urusan  kepada Lurah dan LPM dalam mengelola sampah, akan menjadi catatan BLH Riau, untuk diterapkan di semua kota dan kabupaten di Provinsi Riau.

Menurut Kabid Penataan Hukum Lingkungan BLH Riau, Achirunnas,  Gubernur Riau tak ingin kota-kota di provinsinya gagal lagi dalam perebutan Adipura tahun 2016 nanti. Laporan perjalanan ke Payakumbuh, akan diaplikasikan dengan prestasi Adipura ke depan, katanya.***

 

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/