Home  /  Berita  /  Umum

Usia 66 Tahun, Budayawan Harris Effendi Tahar Rayakan dengan Pesta Nasi Bungkus Sama Anak dan Cucu

Usia 66 Tahun, Budayawan Harris Effendi Tahar Rayakan dengan Pesta Nasi Bungkus Sama Anak dan Cucu
Prof. Dr. Harris Effendi Tahar bersama seorang cucu. (Ist)
Senin, 04 Januari 2016 19:03 WIB
Penulis: Marjeni Rokcalva
PADANG - Budayawan dan cerpenis Prof. Dr. Harris Effendi Tahar, hari ini 4 Januari 2016 genap berusia 66 tahun. Bekas Ketua Dewan Kesenian Sumatera Barat ini, memperingatinya dengan pesta kecil-kecilan bersama anak dan cucunya di Padang. "Ya, makan nasi bungkus bersama anak dan cucu ramai-ramai," katanya kepada GoSumbar, Senin (4/1/2015).

Lelaki kelahiran Tembilahan Riau 4 Januari 1950 ini, ternyata masih produktif dan sibuk. Hingga kini ia masih bisa menghasilkan cerita pendek (cerpen) untuk media cetak nasional,seperti Kompas dan Media Indonesia. Padahal lelaki yang sudah punya 7 cucu dari 3 anaknya ini, harus bisa membagi waktu mengajar sebagai guru besar Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Padang.

Bahkan, Minggu, 3 Januari 2016, cerpen apik miliknya dimuat di Harian Media Indonesia Edisi Minggu dengan judul: 'Amplop Ustad Manfaat'. Cerpen ini, katanya, berkisah soal ustad yang salah terima amplop dari pengurus mesjid. Dan amplop ini menjadi pertanyaan istrinya sesampai di rumah. "Itu cerita keseharian yang bisa menjadi potret kehidupan di sekitar kita," sebut Harris.

Anaknya Dr. Mohammad Isa Gautama, menyebutkan, cerpen ini bisa jadi menjadi kado untuk ayahnya di hari ulang tahunnya. Isa yang baru saja menyelesaikan doktor bidang komunikasi politik di Inggris itu, juga menyebutkan, papi (begitu ia memanggil ayahnya), orang yang selalu produktif dan terus berkarya.

Ketika momen ulang tahunnya ke-66, lelaki yang terkenal dengan cerpen Si Padang ini, saat berulang tahun ke-66, sedang menikmatinya dengan bercengkrama sama istri, anak dan cucu-cucunya. "Karena saat ini bertepatan dengan liburan semester kuliah," kata suami dari Meitra Aziz ini.

"Ya begitulah, kalau sudah jadi kakek-kakek ya, akan semakin bahagia bila bersama anak dan cucu," kata ayah dari Siti Ine Kemala dan Bayu Ning Larasati ini.

Selamat ulang tahun, Bang Harris. (***)

Kategori:Umum, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/