Home  /  Berita  /  Umum

Malam Ini, Kawasan Jam Gadang Bukittinggi Steril dari Kendaraan

Malam Ini, Kawasan Jam Gadang Bukittinggi Steril dari Kendaraan
Ilustrasi (net)
Kamis, 31 Desember 2015 19:44 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI - Mengantisipasi keramaian malam pergantian tahun 2015 ke 2016, jajaran Polres Bukittinggi tempatkan ratusan petugas pada posko pengamanan dan posko pelayanan.

Kasatlantas Polres Bukittinggi AKP Rio Sigal Hasibuan, Kamis (31/12/2015) menyebutkan, momentum dan situasi peringatan malam tahun baru sangat melekat dengan keramaian dan kemacetan arus kendaraan.

Karena itu, Polres Bukittinggi melakukan sistem tutup buka jalan terutama menuju Jam Gadang sebagai lokasi yang bakal dipenuhi oleh para pengunjung Kota Bukittinggi.
 
“Seluruh jalan menuju pusat kota atau Jam Gadang akan ditutup mulai pukul 17.00 WIB, masyarakat yang ingin merayakan tahun baru di Jam Gadang hanya diperbolehkan berjalan kaki, petugas akan siaga di setiap persimpangan, sehingga jika ada masyarakat yang melanggar diarahkan untuk berputar arah ke jalur alternatif,” terangnya.

Disebutkan juga oleh Rio, jalur by pass di Simpang Taluak menuju Simpang Gadut merupakan jalan alternatif yang dipergunakan untuk mengatasi penumpukan kendaraan, baik yang dari arah Payakumbuh maupun yang arah ke Medan.

“Bagi masyarakat yang datang dari arah Jambu Air diarahkan belok kanan ke Simpang Capela, dari arah Simpang Tarok diarahkan belok kanan ke Aur Kuning, serta lokasi jalur alternatif lain,” ujarnya.

Disamping pengamanan arus lalu lintas, menurut Rio, Polres Bukittinggi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk pengadaaan ambulan. Satu unit ditempatkan di posko pelayanan Simpang Tugu Polwan dan tiga  unit di lokasi perparkiran Ramayana Pasar Atas.

Ambulan ini digunakan evakuasi apabila nantinya ada masyarakat yang pingsan karena berdesakan, sekaligus sebagai antisipasi apabila ada korban yang terluka akibat perkelahian, dan saat berdesakan di lokasi peringatan malam pergantian tahun yang berpusat di pelataran taman Jam Gadang, pungkasnya.(**)

Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/