Home  /  Berita  /  Umum

Hidup di Negeri Asap, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Agar Tetap Fit

Hidup di Negeri Asap, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Agar Tetap Fit
Selasa, 06 Oktober 2015 09:34 WIB
Penulis: .
BENCANA asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan dalam waktu cukup lama, dipastikan akan berpengaruh pada kesehatan manusia.

Jika Anda tidak bisa mengungsi menghindari asap, dan terpaksa hidup dan beraktivitas di negeri asap, maka Anda memerlukan beberapa hal yang patut dilakukan, agar tetap sehat dan tidak terlalu terdampak karena kabut asap. Jangan hanya puas ketika Anda sudah menggunakan masker.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 hal yang patut Anda lakukan agar tetap fit dalam kondisi kabut asap.

Pertama, perbanyak minum air putih. Air putih bukan hanya untuk menghilangkan haus, juga menjaga keseimbangan cairan tubuh. Dampak asap yang paling dirasakan adalah pengaruh pada kulit dan dehidrasi. Maka cara mengatasi yang paling tepat adalah perbanyak minum air putih.

Para penggiat kesehatan menganjurkan pada kita untuk selalu membawa tabung air ke mana-mana dan rajin mengonsumsi buah seperti semangka dan jeruk.

Tentu saja, manfaat air putih untuk tubuh manusia masih sangat banyak lagi. Yakinlah, Anda tidak akan rugi mengonsumsi air yang banyak.

Kedua, konsumsi vitamin C untuk mengatasi radikal bebas. Dalam kondisi asap, tentu diikuti pula dengan berbagai partikel berbahaya. Radikal bebas ini mengancam kehidupan manusia.

Para dokter menyatakan polusi udara merupakan salah satu sumber radikal bebas, selain polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy, pendingin ruangan, dan makanan yang tidak sehat.

Vitamin C adalah salah satu obat penangkal radikal bebas itu. Anda bisa mendapatkannya melalui buah, sayur dan vitamin yang sudah diekstrak menjadi suplemen.

Ketiga, sering-sering mencuci muka dan tangan. Asap jelas-jelas membawa berbagai partikel yang mampu mempengaruhi kulit.

Dalam kondisi asap, dan Anda dituntut untuk beraktivitas di luar rumah, tentu harus sering melakukan hal di atas.

Keempat, makan makanan yang bergizi. Menurut dokter, pemilihan makanan bergizi itu memenuhi lima kaedah, yaitu komposisi nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kaya dengan omega 3, selektif memilih camilandan pengolahan makanan secara higienis.

Kelima, usahakan badan tetap selalu fit. Ini adalah langkah penting untuk Anda. Untuk itu, selama musim asap ini, hindari aktivitas yang menguras energi sia-sia seperti bergadang dan olahraga secara berlebihan.

Jika Anda sudah melakukan hal di atas, dan ternyata Anda masih terkena dampak dari asap, pastikan diri Anda yang tidak disiplin menjalankan lima hal tersebut di atas. ***

Sumber:riaupos.co
Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/