Home  /  Berita  /  Umum

NASA Ungkap Foto Satelit yang Membuktikan Lahan Sengaja Dibakar Perusahaan Perkebunan

NASA Ungkap Foto Satelit yang Membuktikan Lahan Sengaja Dibakar Perusahaan Perkebunan
Kebakaran lahan di areal perkebunan yang berhasil difoto Satelit Citra NASA. (liputan6.com)
Selasa, 06 Oktober 2015 10:42 WIB
Penulis: .
JAKARTA, GOSUMBAR.COM - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mewanti-wanti, kebakaran hutan di Indonesia tahun ini bisa jadi yang terparah dalam sejarah.

Kemarau panjang akan mempersulit upaya pemadaman. NASA merilis citra satelit yang menunjukkan dahsyatnya asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia pada 24 September 2015. Tepatnya di atas perairan Kalimantan dan Sumatera.

"Kebakaran di Indonesia tidak seperti umumnya. Sangat sulit untuk dipadamkan. Api membara di bawah permukaan tanah dalam  waktu yang lama, sering kali selama berbulan-bulan," demikian dilansir Liputan6.com yang dikutip dari situs NASA.

Badan antariksa tersebut menambahkan, asap bersumber dari pembakaran lahan gambut yang basah di perairan Kalimantan dan Sumatera.

"Kebanyakan pembakaran dilakukan di lahan gambut yang menganggur dan sudah dibersihkan, api menembus bagian bawah tanah yang basah, yang menjadi sumber bahan bakar tak terbatas," kata David Gaveau dari Center for International Forestry Research.


Sengaja Dibakar

NASA punya 'bukti' lain soal kebakaran hutan di Indonesia. Pada 5 September 2015, instrumen Operational Land Imager pada Satelit Landsat 8 milik NASA menangkap citra asap yang berembus kuat dari kebakaran lahan di Provinsi Jambi.

Warna oranye pada gambar adalah api yang berkobar, sementara lahan yang baru terbakar berwarna merah gelap. Semburat berwarna biru, tampak diagonal dalam gambar adalah asap.

"Fakta bahwa kebakaran terjadi dalam area berpola persegi menunjukkan bahwa itu adalah kebakaran yang terjadi di area perkebunan dan dilakukan secara sengaja."

NASA menambahkan, berdasarkan peta penggunaan lahan yang dipublikasikan oleh Global Forest Watch, kebakaran terjadi di area perkebunan kelapa sawit.

"Produksi kelapa sawit sangat menguntungkan dan menjadi komoditas ekspor penting bagi Indonesia." ***

Sumber:liputan6.com
Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/