Home  /  Berita  /  Umum

Tenggelam Selama 62 Tahun, Palinggam Dayung Festival Kembali Menggeliat

Tenggelam Selama 62 Tahun, Palinggam Dayung Festival Kembali Menggeliat
Palinggam Dayung Festival upaya "mambangkik batang tarandam"
Kamis, 24 Desember 2015 20:28 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Seperti tenggelam ditelan bumi, Palinggam Dayung Festival (PDF) kembali menggeliat. Kegiatan dayung tradisional ini kembali digelar setelah vakum selama 62 tahun. Khusus tahun ini, PDF bertujuan mengingatkan kembali tradisi yang pernah mengharumkan nama kampung Seberang Palinggam.

Ketua Umum PDF, Diki Syarfin mengatakan, dayung palinggam merupakan tradisi warga Palinggam sejak dulu kala. Namun, seiring perkembangan zaman, perlahan tradisi ini menghilang. Untuk itu, warga Palinggam bertekad untuk mengembalikan nama kampung melalui perlombaan dayung tradisonal ini.

"Kegiatan ini bermaksud membakit "batang tarandam" warga Palinggam. Dengan kegiatan ini, juga dapat diwujudkan silaturahmi sesama warga Palinggam dan perantau," kata Diki, saat pembukaan PDF, Kamis (24/12/2015) siang.

PDF memang unik. Warga 7 kampung yang ada di Palinggam dilibatkan sebagai panitia. Sebelum kegiatan, tokoh dan ninik mamak kampung berdiskusi dan merencanakan menggelar budaya yang telah lama hilang. "Persiapannya selama 4 bulan. Kami mengundang seluruh kampung dan nagari se Sumbar," ungkapnya.

Kegiatan ini sendiri berlangsung selama empat hari mulai 24-27 Desember. Sumber dana diperoleh dari donatur perantau dan masyarakat. "Kami berharap kegiatan ini mendapat perhatian dari pemerintah, karena iven ini juga penunjang pariwisata," ungkapnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berjanji akan memasukan PDF sebagai iven tetap Pemko Padang. Lebih dari itu Mahyeldi mencoba menganggarkan dana kegiatan pada APBD.

"Dayung Palinggam berpotensi menyatukan dan menjadi ajang silaturrahmi antar kampung. Dayung palinggam ini adalah bahagian dari memperkokoh kekompakan dan persatuan," ucap ungkap Mahyeldi.(agb)

Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/