Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pj Bupati: Semua Elemen Agar Menjaga Kelestarian Alam Bahari Pesisir Selatan

Pj Bupati: Semua Elemen Agar Menjaga Kelestarian Alam Bahari Pesisir Selatan
Pj. Bupati Pessel Alwis dalam sebuah kunjungan ke nagari di Pessel. (Humas Pessel)
Kamis, 24 Desember 2015 14:59 WIB

PAINAN - Penjabat Bupati Pesisir Selatan, Sumbar, Alwis meminta semua elemen masyarakat menjaga kelestarian alam bahari. Karena, potensinya cukup besar dan dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata serta budidaya perikanan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.



"Daerah ini punya perairan yang luas, lengkap dengan pulau-pulau kecil sebanyak 53 buah yang letaknya saling berdekatan. Beberapa pulau bisa dikelola untuk pariwisata," katanya di Painan.

Lebih lanjut dikatakan, potensi bahari cukup besar seperti terumbu karang, penyu dan komoditi perikanan lainnya. Ekosistem bahari harus dilestarikan sehingga selalu memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Untuk melestarikan alam bahari, sambung Alwis dikutip GoSumbar dari laman resmi Pemkab. Pessel, Kamis, 24 Desember 2015, maka pemerintah daerah meningkatkan pengawasan terhadap praktek-praktek yang dapat merusak ekosistem laut seperti pencurian ikan menggunakan bom dan racun, pencemaran, sedimentasi, penambangan, pembangunan kontruksi pantai dan lainnya.

Menurutnya, jika ekosistem laut rusak, maka berimplikasi terhadap penurunan kualitas lingkungan untuk sumberdaya ikan serta erosi pantai yang memicu terjadinya kerusakan tempat pemijahan dan daerah asuhan ikan, berkurangnya populasi benur, nener dan produktivitas tangkap udang. (***)

Editor:Marjeni Rokcalva
Kategori:Pemerintahan, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/