Loading...

Presiden Jokowi Puji Pembangunan Jalan Desa Nagari Parit Malintang

Presiden Jokowi Puji Pembangunan Jalan Desa Nagari Parit Malintang
Presiden Jokowi melihat proyek yang dibiayai dari Dana Desa, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Kamis (8/10). (foto: setkab.go.id)
Kamis, 08 Oktober 2015 17:58 WIB
Penulis: .
PARIAMAN, GOSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo meninjau realisasi proyek yang digarap menggunakan dana desa di Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

Presiden Jokowi menegaskan sebagian besar dana desa yang tahun ini dialokasikan sebesar Rp20,7 triliun, telah masuk ke kas pemerintah kabupaten, namun belum mengalir ke tingkat desa.

"Itu yang terus kita dorong agar penggunaan dana desa betul-betul bisa menggerakkan ekonomi di bawah, di desa, dan juga bisa meningkatkan daya beli di rumah tangga di masyarakat," kata Presiden seperti dikutip dari keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden Arie Dwipayana, Kamis (8/10/2015).

Di sela-sela kunjungan kerja di Sumatra Barat itu, Jokowi meninjau dua proyek pembangunan di Nagari Parit Malintang. Proyek tersebut, yakni pembangunan sarana dan prasarana pendidikan seni dan budaya serta pembangunan jalan desa.

"Ini yang kita injak, jalan di desa ini juga berasal dari dana desa Rp45 juta yang dikerjakan selama 21 hari oleh 50 orang yang terlibat, dan ini sudah selesai," ujarnya.

Jokowi menilai pembangunan jalan di Desa Nagari Parit Malintang cukup bagus karena menggunakan pasir dan batu yang dibeli dari kawasan itu. Sumber daya alam lokal itu dipakai untuk memperkeras jalan desa.

"Artinya uang itu berputar terus di daerah, tidak masuk lagi ke kota," pungkasnya.

Berdasarkan data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, hingga awal Oktober 2015, dana desa yang telah dicairkan ke rekening kas desa mencapai Rp7,1 triliun atau 35% dari total anggaran. Adapun yang telah masuk ke rekening kas kabupaten/kota sebesar Rp16,5 triliun.

"Pada pekan pertama dan kedua Oktober diharapkan 80% itu tersalur semua semua ke rekening desa,"ujar Direktur Jenderal pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Achmad Erani Yustika.***

Sumber : bisnis.com
Kategori : Padang Pariaman, Pemerintahan

Loading...
www www