Home  /  Berita  /  Umum

Pemerintah Pusat Akan Biayai Pembangunan Fly Over Padang Luar, Pembebasan Lahan Ditanggung Pemprov

Pemerintah Pusat Akan Biayai Pembangunan Fly Over Padang Luar, Pembebasan Lahan Ditanggung Pemprov
Fly over Bukittinggi
Selasa, 13 Oktober 2015 17:31 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM - Jembatan layang (fly over) Pasar Padang Luar di perbatasan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi segera akan dibangun. Pemprov Sumbar akan memasukkan dana pembebasan lahan dalam APBD 2016 agar segera bisa dieksekusi.

"Kita hanya perlu menganggarkan untuk pembebasan lahan saja, karena untuk pembangunan fisik akan ditanggung pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN) 2016," kata Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek di Padang, Selasa.

Menurutnya, saat ini masih bisa untuk memasukkan anggaran tersebut karena APBD Sumbar 2016 masih dalam pembahasan.

Terkait kepastian mendapatkan bantuan anggaran pembangunan fisik fly over dari pemerintah pusat, menurut dia, didapatkan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumbar 9-10 Oktober 2015.

"Saya telah sampaikan langsung kepada Bapak Presiden terkait pentingnya fly over ini untuk menunjang roda perekonomian di Sumbar dan mendapatkan tanggapan positif. Presiden memerintahkan agar segera berkoordinasi dengan Mentri PU-Pera yang kebetulan juga mendampingi presiden," katanya.

Meski telah mendapatkan alokasi dalam APBN, tetapi pembangunan menurut dia tetap akan terhambat jika pembebasan lahan tidak segera dilakukan.

"Kita berharap dukungan DPRD Sumbar dan masyarakat terkait pembangunan fly over ini," katanya.

Terkait upaya pendekatan terhadap masyarakat menurut dia, pihaknya telah memerintahkan Pj Wali kota Bukittinggi untuk membantu.

"Nanti kita juga akan perintahkan Pj Bupati Agam, setelah dilantik, untuk mempercepat pembebasan lahan ini," katanya.

Sementara itu, PT. Kereta Api Indonesia menurut dia juga telah bersedia untuk mendukung pelaksanaan pembangunan fly over yang kemungkinan besar akan berkaitan dengan lahan milik PT. KAI.

"Kita berharap, masyarakat terdampak nanti dengan besar hati mau melepaskan lahan karena pembangunan fly over ini bukan untuk kepentingan pemerintah, tetapi untuk mesyarakat," katanya. ***

Sumber:antara
Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/