Home  /  Berita  /  Umum

Sesaat Sebelum Naik Pesawat, Seorang Calon Haji Sumbar Mendadak Dilarikan ke RS

Sesaat Sebelum Naik Pesawat, Seorang Calon Haji Sumbar Mendadak Dilarikan ke RS
ilustrasi
Jum'at, 21 Agustus 2015 12:03 WIB
Penulis: Arie MF
PADANG, GOSUMBAR.COM - Sebanyak 450 orang jamaah calon haji (JCH) Sumbar kloter pertama didampingi lima orang panitia, Jumat (21/8) siang ini seharusnya terbang ke tanah suci. Namun sayang, satu orang terpaksa batal secara mendadak karena tiba-tiba saja sakit padi Jumat pagi dan dilarikan ke rumah sakit.

JCH kloter pertama asal Kota Padang itu terpaksa ditunda keberangkatannya karena mengalami gangguan kesehatan yang dapat membahayakan jiwa saat perjalanan jauh. "Satu calhaj dirujuk jam 07.30 WIB tadi ke RS M Djamil dan keberangkatannya ditunda," kata salah satu tim pelayanan kesehatan dari Asrama Haji Embarkasi Padang dr Irene, Jumat (21/8).

Sementara itu, salah satu tim kesehatan lainnya, dr Resnita menuturkan, satu orang JCH yang ditunda keberangkatannya atas nama Farida Madjid binti Abdul Madjid (67 tahun) dengan nomor manifes 294.

"Lagi dirawat di RSUP M Djamil dengan diagnosa hematemesis e.c sirosis hepatitis dan hipertensi," ujar Resnita.

Kepala KKP Asrama Haji Embarkasi Padang, Aryanti sebelumnya, mengatakan akan melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan ulang saat JCH saat memasuki Embarkasi Padang.

Ia mengatakan, pemeriksaan ulang dilakukan untuk melihat kondisi JCH apakah stabil atau tidak sebelum berangkat ke Tanah Suci. Apabila dokumen pemeriksaan dianggap baik, petugas akan menyatakan JCH tersebut laik berangkat.

"Kalau menderita penyakit, akan dilakukan pemeriksaan. Kalau perlu rujukan, kita rujuk ke M Djamil. Kita tunggu saran dari dokter RS," tutur Aryanti.

Embarkasi Padang, Sumatra Barat akan memberangkatkan sebanyak 3.599 JCH asal daerah tersebut. Mereka terbagi menjadi delapan kloter. Pada kloter pertama, sebanyak 450 orang dan lima panitia akan berangkat pada 21 Agustus.

Sayangnya, sebanyak tujuh orang calhaj terpaksa ditunda keberangkatannya karena visa yang belum keluar. Pukul 08.00 WIB tadi pagi JCH mulai berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Rencananya, JCH berangkat menuju Medan pukul 11.00 WIB.***

Sumber:republika.co.id
Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/