Home  /  Berita  /  Hukum

Mahkamah Agung Segera Rekrut Ratusan Orang Calon Hakim

Mahkamah Agung Segera Rekrut Ratusan Orang Calon Hakim
Gedung Mahkamah Agung
Kamis, 20 Agustus 2015 14:08 WIB
Penulis: jontra
JAKARTA, GOSUMBAR.COM – Masih kurangnya jumlah hakim di pengadilan-pengadilan daerah yang ada di Indonesia saat ini, menjadi salah satu pertimbangan bagi Mahkamah Agung (MA) untuk melakukan rekruitmen calon hakim.

Hal ini disampaikan Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali menurutnya, MA telah mendapat persetujuan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), begitu juga persetujuan anggaran untuk rekruitmen calon hakim.

“Banyak hal yang dipersiapkan, kita akan membentuk panitia perekrutan. Prosesnya tidak hanya di internal MA, namun juga akan melibatkan lembaga eksternal seperti perguruan tinggi. Psikolog juga kita ikut sertakan. Semuanya transparan, jadi tidak usah khawatir,” kata Hatta.

Menurut Hatta, jumlah calon hakim yang akan direkrut melebihi 500 orang. Namun jumlah tersebut belum mutlak, akan disesuaikan dahulu dengan anggaran yang telah disiapkan.

“Kita tiap merekrut hakim itu anggarannya per kepala. Kita adakan tes dengan pihak ekesternal. Jadi kalau ada yang bilang MA itu subjektif, hanya orang-orangnya yang dilulusin nonsense itu. Keponakan saya masuk banyak yang tidak lulus. Ini membuktikan tidak bisa kita ada keluarga lalu dibantu. Semua kembali pada hasil dari tes,” jelasnya.(**)

Sumber:Okezone
Kategori:Bukittinggi, Hukum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/