Home  /  Berita  /  Umum

Alumni Don Bosco Padang Ini Mahasiswa Termuda di Unpad

Alumni Don Bosco Padang Ini Mahasiswa Termuda di Unpad
Rinaldi Wilopo mahasiswa baru Unpad di usia 15 tahun (foto: Unpad)
Kamis, 20 Agustus 2015 19:32 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
BANDUNG, GOSUMBAR.COM - Tidak hanya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta saja memiliki sejumlah mahasiswa paling muda. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung juga memiliki seorang mahasiswa termuda berusia 15 tahun.

Namanya Rinaldi Wilopo, dia tembus Unpad melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. Dilansir laman Unpad, Kamis (20/8/2015), Rinaldi Wilopo adalah satu dari 5.749 mahasiswa baru program sarjana Unpad yang hari ini mengikuti prosesi penerimaan mahasiswa baru Unpad.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini mengaku bukanlah siswa dengan prestasi akademik tinggi ketika masih duduk di bangku sekolah. Dia tidak pernah menjadi juara kelas saat SMA, meski masuk ke dalam kelas akselerasi.

''Di SMA saya bukan juara kelas, ada di tengah-tengah saja. Saya masuk kelas akselerasi di SMP dan SMA,'' ujar alumni SMA Don Bosco dan SMP Maria Kota Padang, Sumatera Barat ini.

Rinaldi lahir di Kota Padang pada 13 Juli 2000 dari pasangan suami istri Suherman Wilopo dan Liany Anggreini. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lulus masuk Unpad melalui jalur SBMPTN.

Pengumuman SBMPTN dilaksanakan pada 9 Juli 2015 atau hanya empat hari menjelang Rinaldi memasuki usia 15 tahun. Boleh jadi kelulusan itu merupakan kado terindah di hari ulang tahunnya. Sebulan kemudian tepatnya 12 Agustus 2015, Rinaldi resmi menjadi mahasiswa Unpad setelah melaksanakan registrasi administrasi.

''Saya kaget waktu tahu jadi mahasiswa termuda. Ya bangga juga jadi yang termuda. Untuk teman-teman yang masih di SMA, belajarlah giat dan semoga bisa juga jadi yang termuda, mengalahkan catatan saya sekarang,'' ujar sosok berkacamata yang senang main game ini.

Saat tiba di kampus Unpad, Rinaldi merasa terkesan dengan kondisi lingkungannya. Menurutnya, kampus Unpad di Jatinangor udaranya sejuk, lingkungannya juga bersih.

''Saya senang bisa diterima di Unpad. Sepertinya, suasana belajar di sini bisa menyenangkan,'' ujar Rinaldi yang mengaku senang pelajaran matematika sejak kecil dan bercita-cita menjadi peneliti.

Rekor Rinaldi Wilopo sebagai mahasiswa termuda di Unpad pada usia 15 tahun belum bisa menandingi Aldo Meyolla Geraldino yang menjadi mahasiswa termuda UGM pada usia 14 tahun. ***

Sumber:okezone.com
Kategori:Padang, Umum
wwwwww