Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Padang Panjang Tawarkan Paket Wisata 'Baradaik dan Bajamba'

Padang Panjang Tawarkan Paket Wisata Baradaik dan Bajamba
Dua wanita berpakaian adat Minangkabau. (ilustrasi)
Kamis, 13 Agustus 2015 12:57 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PADANG PANJANG, GOSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyediakan paket makan ''baradaik dan Bajamba'' (makan secara adat Minang) bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

''Paket wisata itu bisa memberitahu kepada pengunjung tentang kebudayaan Minang Kabau,'' kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olehraga Budaya dan Pariwisata Padang Panjang Medi Rosdian di Padang Panjang, Rabu.

Dia menyebutkan, paket wisata makan bajamba itu merupakan terobosan baru dalam upaya meningkat kunjungan wisata ke kota yang berjuluk "Serambi Mekah" itu.

''Paket wisata ini termasuk baru, mudah-mudahan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Padang Panjang kedepannya,'' ujarnya.

Dia mengatakan, dalam paket wisata makan majamba itu, pengujung akan dimanjakan dengan penampilan kesenian Minang yang diperankan oleh pemandu wisata di Padang Panjang. Tidak itu saja lanjut dia, pengunjung juga bisa menjadi pelaku selama pelaksanaan dan penampilan kesenian Minang itu.

''Dalam paket wisata makan bajamba itu, pengunjung akan mengikuti serangkai prosesi perkawinan secara adat Minangkabau, seperti, pepata petiti, menjemput dan mengantar pengantin yang dilaksanakan di komplek Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM),'' sebutnya.

Dengan adanya paket wisata itu kata dia, pengunjung sudah mulai mengetahui secara detail kebudayaan dan kesenian Minang Kabau.

Masyarakat Padang Panjang Amalia memberikan apresiasi terhadap terobosan yang dilakukan oleh Dinas Porbudpar tersebut dalam menigkatkan kunjungan wisata.

''Inovasi harus dilakukan setiap saat, sehingga tidak terlihat monoton yang akan berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat,'' ujarnya. ***

Sumber:republika.co.id
Kategori:Padangpanjang, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/