Home  /  Berita  /  Ekonomi

Disparekraf Sumbar Sediakan Rendang Suwir Siap Saji di Kemilau Sumatera 2015

Disparekraf Sumbar Sediakan Rendang Suwir Siap Saji di Kemilau Sumatera 2015
Pajangan rendang siap saji Disparekraf Sumatera Barat di stan Kemilau Sumatera 2015. (Foto: daniel)
Selasa, 08 Desember 2015 14:58 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
PEKANBARU - Menu khas urang awak menjadi salah satu andalan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumatera Barat, yang diikut sertakan dalam Pameran Kemilau Sumatera 2015 di Pekanbaru Riau.

Jenis makanan ini tentunya sudah tidak asing lagi, selain terkenal di Indonesia, Rendang juga sudah sangat tersohor di Manca Negara. Dalam pameran kali ini Disparekraf sumbar memajang dua jenis rendang yang sudah siap saji dalam kemasan.

"Kalau biasanya rendang itu dinikamti di rumah makan dengan kuah hitam dan anget, tapi kami menyediakannya dalam bentuk kemasan dan siap disntap," ungkap salah seorang penjaga stan kepada GoRiau.com, Selasa (08/12/2015) siang.

Dari pantauan GoRiau.com di stan tersebut, ada dua jenis rendang yang ditawarkan, yakni rendang suwir dan rendang paru. Dari kebanyakan pengunjung yang membeli, terlihat rendang suwir ini yang paling laris.

Dengan sistem siap saji, rendang dari bumi Minang Kabau ini diharapkan bisa menjadi salah satu komoditi ekspor. Selama ini, rendang dijadikan makanan atau oleh-oleh dalam kemasan plastik yang juga rentan kadar keawetannya.

“Kita berusaha membuat rendang dalam kemasan kaleng, agar bisa dipasarkan di toko-toko, di bandara dan tempat lainnya. Tujuannya bukan hanya sebagai oleh-oleh lagi, namun sebagai makanan pilihan seperti makanan kaleng lainnya,” paparYuni kepada GoRiau.com.

Di Sumbar sendiri dalam pengolahan rendang tersebut langsung dibawah pengasuhan Nevi, yang juga istri Gubernur Sumbar itu. Dimana Nevi juga sudah membuka cabangnya di Jalan Rambutan Kota Pekanbaru.

Selain rendang, Disparekraf Sumbar juga menawarkan beberapa tempat/objek wisata, serta kain songket khas Sumatera barat. ***

Kategori:Ekonomi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/