Home  /  Berita  /  Olahraga

Wajar, STY Optimistis Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam

Wajar, STY Optimistis Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam
Timnas Indonesia. (PSSI)
Kamis, 14 Maret 2024 14:49 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Dengan kemudahan dan fasilitas yang diberikan PSSI sangat wajar jika pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong (STY) optimistis meraih kemenangan di laga krusial melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 21 Maret mendatang.

"Ini laga kunci bagi Timnas, jika meraih kemenangan melawan Vietnam di leg pertama, lalu menang, atau minimal seri di leg kedua, peluang lolos ke babak berikutnya sangat besar. Oleh karena itu, sangat wajar jika STY optimistis bisa meraih kemenangan karena fasilitas dan dukungan yang diberikan PSSI sangat besar untuk STY," ujar pengamat sepakbola Akmal Marhali di Jakarta, Rabu (23/3/2024).

Koordinator Save Our Soccer (SOS) ini menambahkan dengan materi terkini yang menghuni skuad Merah Putih selayaknya Timnas punya kekuatan untuk mengalahkan Vietnam. "Dengan 11 pemain keturunan dari 28 pemain yang dipanggil, termasuk 13 pemain yang bermain di luar negeri, maka sejatinya kekuatan Indonesia sudah berada di atas Vietnam. Jadi menang merupakan harga mati," tegasnya.

Akmal memperkirakan, jika Timnas bisa menang di kandang, lalu menang, atau minimal bermain seri saat tandang pada 26 Maret, maka peluang lolos ke fase grup babak III akan semakin besar. "Optimisme STY merupakan optimisme bangsa Indonesia," lanjutnya.

Ia juga menambahkan segala kebutuhan yang diinginkan STY sudah dipenuhi PSSI. Mulai dari pemain yang diinginkan STY sudah diberikan, sederet pemain keturunan yang diminta STY juga sudah mendapat kemudahan untuk diluluskan proses naturalisasinya.

"Artinya, kebutuhan pelatih dan berbagai akomodasi timnas juga sudah disediakan PSSI, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali meloloskan Indonesia ke babak berikut. Kuncinya, STY harus bisa memenangkan dua laga terdekat itu," tambahnya.

Bahkan, Akmal juga menekankan dua laga melawan Vietnam akan menjadi kunci, apakah kontrak STY bisa diperpanjang atau justru diganti. "Ini laga penting. Vietnam saja sudah ketar-ketir akan menghadapi Indonesia. Ini menandakan kemenangan merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar. Jika STY sudah yakin bisa menang, maka kita ikut optimistis Timnas bisa menundukkan Vietnam," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/