Home  /  Berita  /  Umum

UNGU Rilis Mini Album, Lagu 'Baik dan Burukmu' dan 'Tuhan yang Tahu'

UNGU Rilis Mini Album, Lagu Baik dan Burukmu dan Tuhan yang Tahu
Band UNGU. (Ist)
Rabu, 13 Maret 2024 17:48 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Pada 1 Maret 2024, band UNGU meluncurkan karya terbaru berjudul "Baik dan Burukmu". Seminggu kemudian, mereka juga merilis lagu baru berjudul "Tuhan yang Tahu". Kedua lagu itu kemudian digabung dalam sebuah Extended Play (EP) yang diberi judul "Baik dan Burukmu Tuhan yang Tahu".

Meskipun memiliki lirik yang sama, "Tuhan yang Tahu" hadir dengan aransemen yang berbeda, lebih upbeat, ceria, dan bersemangat. Ini membuat karya tersebut mudah diingat dan dinyanyikan oleh para penggemar.

Enda, salah satu personel band, mengungkapkan bahwa awalnya lagu "Baik dan Burukmu" yang diciptakan lebih dulu, namun kesulitan menemukan refren yang tepat.

"Awalnya, “Baik dan Burukmu” yang jadi lebih dulu. Saya yang menulis lirik, Oncy yang membuat notasi. Tapi, kami tidak menemukan reff yang tepat. Oncy pun membuat riff yang berbeda dan kami teruskan hingga lahirlah “Tuhan yang Tahu”. Reff untuk “Baik dan Burukmu” pun ditemukan oleh Pasha secara tidak sengaja saat kami sedang berada di studio,” jelas Enda.

Akhirnya, lagu "Tuhan yang Tahu" lahir dari kreativitas Oncy dalam menciptakan riff yang berbeda. Refren untuk "Baik dan Burukmu" sendiri ditemukan secara tidak sengaja oleh Pasha di studio.

Konsep artwork EP "Baik dan Burukmu Tuhan yang Tahu" menggambarkan sebuah lingkaran, menggambarkan keterkaitan dan kesinambungan yang tak terputus antara kedua lagu tersebut.

Video klip "Tuhan yang Tahu" juga melanjutkan cerita dari video musik "Baik dan Burukmu", mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi.

Semua adegan dalam video klip saling terkait, membuka ambiguitas, konotasi, dan sudut pandang manusia yang dihadirkan dengan rentetan tindak kebaikan.

Oncy menyatakan bahwa kedua karya ini sengaja dirilis dalam waktu yang berdekatan agar pesan dari masing-masing lagu dan video klip dapat tersampaikan dengan cara yang unik.

Mereka ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya tidak menghakimi orang lain hanya berdasarkan penilaian negatif, tanpa memahami atau melihat lebih dalam.

UNGU berharap lagu-lagu ini dapat menemani orang-orang dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dengan khusyuk.

Mereka tidak bermaksud menggurui, namun ingin berbagi pesan inti dari kedua lagu tersebut, yang masing-masing personel band juga pernah mengalami hal tersebut. (Yazid N). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/