Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
9 jam yang lalu
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
Olahraga
11 jam yang lalu
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Internasional

Tokoh Kartun Hingga Cilok Masuk di Forum Diskusi ASEAN + Youth Summit 2023

Tokoh Kartun Hingga Cilok Masuk di Forum Diskusi ASEAN + Youth Summit 2023
Menpora Dito Arioredjo di Forum Diskusi ASEAN + Youth Summit 2023. (Humas Kemenpora)
Kamis, 07 September 2023 17:30 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Ada hal yang menarik yang digunakan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, saat memberikan sambutannya didepan para delegasi pemuda yang tergabung dalam forum diskusi ASEAN + Youth Summit 2023. Menpora Dito menggunakan perumpamaan nama-nama tokoh kartun One Piece hingga nama makanan ringan khas Indonesia, Cilok.

"Meskipun kita berasal dari negara yang berbeda, kita hadir hari ini dengan mimpi yang sama, yaitu untuk menemukan kejayaan ASEAN. Persahabatan ASEAN seharusnya tidak ada bedanya dengan persahabatan antara kru bajak laut topi jerami," kata Menpora Dito di Jakarta Concert Hall, I News Tower Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

"Meski awalnya 'Luffy, Usop, Sanji, Nami, dan Zoro' berkumpul dengan tujuan berbeda, pada akhirnya mereka membentuk mimpi kolektif untuk menemukan 'One Piece' dan menciptakan era baru dengan kekuatan 'Gears 5' sebagai simbol kebebasan, imajinasi dan mimpi," sambungnya yang disambut tepuk tangan para delegasi.

Hal itu menurut Menpora Dito, agar pesan-pesan apa yang ia sampai dapat dengan mudah ditangkap para audiens yang mayoritas adalah anak-anak muda Gen Z.

"Saya ingin berbagi dengan semua sebuah pengingat, sebuah pesan dari Kapten Monkey D Luffy kepada “Nakama” -nya, yaitu, Jangan takut untuk bermimpi. Karena mimpi adalah tempat menanam benih harapan dan memetakan cita-cita," tutur Menpora Dito.

"Satu lagi, sebelum kembali ke negara masing-masing, saya sarankan untuk mencoba Cilok. Cilok merupakan jajanan khas Indonesia yang populer. Berasal dari Jawa Barat, jajanan khas Sunda ini bentuknya seperti bakso, namun bukan terbuat dari daging, melainkan terbuat dari tepung tapioka yang ditaburi saus kacang. Begitu halus dan berkesan, sama seperti Indonesia," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Dito menekankan sektor swasta dan publik untuk berkolaborasi dengan pemuda kawasan ASEAN agar memberikan manfaat dan mendorong pertumbuhan keadilan sosial dan pembangunan.

"Saya menekankan pentingnya sektor publik dan swasta serta pekerja muda di kawasan ASEAN untuk terlibat aktif dalam diskusi dan lebih jauh lagi berkolaborasi dalam memastikan bahwa Gig Economy akan mampu memberikan manfaat maksimal sekaligus mendorong pertumbuhan intra-generasi yang berkelanjutan, keadilan sosial dan pembangunan," ujarnya.

"Khususnya pada forum ASEAN kali ini, saya berharap kita dapat menjalin kerjasama regional untuk merekomendasikan hak standar minimum bagi pekerja, kolaborasi strategis dalam peningkatan kualitas generasi muda dan yang tak kalah pentingnya, solusi aktif untuk menghadapi tantangan lintas batas yang melibatkan distribusi pekerja, produk, dan layanan yang sering muncul di Gig Economy," sambungnya.

"Saya optimis bahwa bersama-sama kita dapat merancang masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi generasi kita dan generasi mendatang. Dengan semangat 'Gotong Royong ASEAN' yang berarti 'ASEAN Kolaboratif' kita dapat mewujudkan keajaiban dan kebahagiaan untuk semua orang," pungkas Menpora Dito. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/