Home  /  Berita  /  Olahraga

Kemenpora Gelar Turnamen Tarkam di Konawe

Kemenpora Gelar Turnamen Tarkam di Konawe
Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Hj Suryati saat membuka Turnamen Tarkam di Konawe, Sulawesi Tenggara. (Humas Kemenpora)
Rabu, 30 Agustus 2023 23:22 WIB
Penulis: Azhari Nasution

KONAWE - Konawe menjadi satu dari 100 titik se-Indonesia yang ditunjuk untuk menggelar turnamen Antar Kampung (Tarkam) di tahun 2023. Kejuaraan itu merupakan program Kementerian Kepemudaan dan Olahraga (Kemenpora) RI yang diselenggarakan guna mencari bibit unggul di bidang olahraga.

Tarkam yang dibuka Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Hj Suryati SSos MSi, bertempat di pelataran kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara, Rabu (30/8/2023). 

Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Hj Suryati SSos MSi mengatakan, mengaku bahagia atas sambutan meriah dari masyarakat Konawe pada pembukaan turnamen Tarkam itu. Katanya, kemeriahan pembukaan kejuaraan Tarkam di Konawe, nyaris sama dengan euforia serupa pada dua daerah yang lebih dulu menyelenggarakan kejuaraan tersebut. Salah satunya di Jembrana, Bali.

"Selain olahraga, kami juga menyediakan pameran untuk UMKM pada Tarkam Kemenpora ini. Semua ini tentunya dalam rangka meningkatkan partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani bagi warga Konawe," ujar Hj Suryati.

Suryati menuturkan, kejuaraan Tarkam merupakan salah satu program unggulan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo. Yang mana, turnamen ini digelar dalam rangka menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga.

"Jadi, tidak ujug-ujug prestasi hanya kejar prestasi, tapi lebih menggerakkan antusias masyarakat dalam berolahraga. Semoga acara ini bisa menginspirasi masyarakat Konawe untuk lebih bugar. Tidak hanya sehat, karena sehat belum tentu bugar. Kalau bugar, sudah pasti sehat," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengemukakan, pihaknya mempersiapkan fasilitas olahraga untuk menyukseskan Tarkam Kemenpora di Konawe. Semoga kedepan ini bisa mendorong semangat anak-anak muda Konawe untuk lebih berprestasi," harap Ferdinand Sapan.

Dihadapan rombongan Kemenpora RI, Ferdinand Sapan menuturkan, ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang menjadi andalan Konawe. Dua diantaranya, yakni badminton dan angkat besi. Katanya, dua cabor tersebut telah didorong pengembangannya dengan memasukkannya kedalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Konawe.

"Namun tidak terlepas olahraga yang memang digemari, yaitu sepakbola, bola voli dan sepak takraw. Cabor tersebut juga semakin kita kembangkan," ucapnya.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Tarkam Kemenpora di Konawe, Jahiuddin menerangkan, Konawe sangat bangga dengan kegiatan yang diberikan Kemenpora RI. Sebab, dari sekian banyak daerah di Indonesia, Konawe menjadi salah satu koordinat penyelenggaraan  Tarkam. Ia menyebut, Tarkam Kemenpora di Konawe bakal digelar selama tiga hari.

"Pada kejuaraan Tarkam Kemenpora ini, ada beberapa cabor yang dipertandingkan. Salah satunya, bola voli yang diikuti 17 dari 28 kecamatan se-Konawe. Kemudian, badminton dan atletik yang akan diikuti pelajar se-Konawe," ungkap Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dismudorapar) Konawe itu. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/