Home  /  Berita  /  Olahraga
Amman BNI M25K World Tennis Tour 2023 Seri Kedua

Rifqi Gagal ke Final, Markos/Khumoyun Juara Ganda

Rifqi Gagal ke Final, Markos/Khumoyun Juara Ganda
Pasangan Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov meraih gelar juara ganda putra. (Ist)
Sabtu, 19 Agustus 2023 19:49 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Meski telah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya dan bermain rubber set, wakil tunggal putra Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi gagal melangkah ke final turnamen Amman BNI M25K World Tennis Tour 2023 Seri Kedua.

Dalam laga semifinal yang berlangsung di Lapangan Tenis Hotel Hilton Jakarta, Sabtu (19/8/2023), ‘Rifqi dipaksa kerja keras menghadapi unggulan pertama Leo Borg dari Swedia. Hal tersebut bisa dilihat di set pertama, adu ketahanan fisik lewat rally-rally panjang yang di peragakan, skor imbang terjadi hingga 5 sama. Namun saat di game ke 11, Borg yang berperingkat 407 ATP berhasil membreak servis petenis Indonesia yang berusia 24 ini, untuk menang 7-5.

Memasuki set kedua Rifqi mencoba mengantisipasi permainan speed and power dari Borg yang merupakan finalis seri pertama sekaligus juara BNI-MedcoEnergi M25K pada April lalu, dengan bermain lebih tenang dan ekstra sabar.

Meski harus berjibaku untuk mengcover pertahanannya dari bombardir lawan, pemuda lajang berusia 24 tahun ini berhasil unggul 7-6 tiebreak 4 dari Borg yang merupakan putra dari petenis legendaris hidup dunia Bjorn Borg, sehingga laga harus dituntaskan melalui rubber set. 

Memasuki set pamungkas laga tetap berlangsung imbang antar keduanya hingga skor 3 sama. Namun memasuki game ke 8, Leo Borg mendapat momentum penting saat berhasil mematahkan servis Rifqi. Sebaliknya di game ke 9 pada kedudukan 3-5 untuk keunggulan Borg, Tole, panggilan akrabnya, yang sempat mengalami cidera di telapak tangan tak mampu merespon balik hingga takluk 3-6 dalam sebuah laga panjang yang berdurasi 2 jam 42 menit.

Di final, Leo Borg akan menghadapi petenis non ungggulan dari Australia Blake Mott yang berhasil mencapai partai puncak setelah mengkandaskan perlawan pemain Jepang Sora Fukuda straight set 6-2, 6-4 dalam laga yang berlangsung 1 jam 27 menit.

Markos/Khumoyun Juara Ganda Putra

Di final ganda putra, pasangan Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov sukses meraih gelar juara setelah mengalahkan pasangan Palophoom Kovapiktuted/Manish Sureshkumar lewat pertarungan super tiebreak 4-6, 7-5 dan 10-7.

GoSumbar.com Markos Kalovelonis/Khumoyun Su
Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov jadi runner up. (Ist)

Tampil dengan penuh percaya diri, setelah kemarin sukses menumbangkan wakil tuan rumah Christopher Rungkat/Nathan Barki juga dengan rubber set, pasangan gado-gado Yunani dan Uzbekhistan justru takluk 4-6 di set awal. Namun memasuki set kedua, pola permainan servis voli yang mulai diterapkan Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov, mampu mengubah jalannya pertandingan.

Kovapiktuted/Sureshkumar, yang di set pertama begitu perkasa memborbardir, tak kuasa membendung agresivitas lawannya dan akhirnya menyerah 5-7 sehingga laga harus diselesaikan lewat super tiebreak di set ketiga.

Di set pamungkas permainan mulai berlangsung tegang dimana keduanya berusaha keras untuk dapat mempertahan sambil berupaya mematahkan servis lawan. Dengan andalannya berupa kick serve dan passing shoot dari Kalovelonis yang berpostur jangkung dan di dukung cegatan Khumoyun didepan net, saat skor 8-7 keduanya mampu mematahkan servis lawannya untuk merebut dua poin tersisa dengan skor akhir 10-7.

Dengan raihan gelar juara ganda putra pada turnamen Amman BNI M25K World Tennis Tour 2023 Seri Kedua yang berhadiah total USD 25.000 ini, Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov berhak atas hadiah uang 1.550 dollar Amerika serta tambahan 25 poin. Sedangkan Palophoom Kovapiktuted/Manish Sureshkumar sebagai runner up memperoleh 900 dollar plus 16 poin ATP. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/