Home  /  Berita  /  Olahraga

Masa Tua Atlet Olimpiade Selvyana, Cari Pinjaman ke Teman-teman Buat Biaya Obat

Masa Tua Atlet Olimpiade Selvyana, Cari Pinjaman ke Teman-teman Buat Biaya Obat
Oly Sylviana Sofyan Hosen. (Kanan/Dok.Pribadi)
Jum'at, 18 Agustus 2023 21:39 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tak gampang menghubungi mantan atlet Olimpiade (Oly) Selvyana Sofyan Hosen untuk menanyakan kondisi kesehatannya. Petembak putri Indonesia yang meraih emas di SEA Games 1981 Manila, SEA Games 1983 Singapura, dan SEA Games 1985 Bangkok baru bisa menjawab balasan WhatsApp sehari kemudian.

"Maaf, saya lamban respon karena tidak punya kuota internet. Jadi, saya telat menjawabnya sapaannya. Ini saja saya terpaksa numpang internet saudara," kata Selvy, panggilan akrabnya. 

"Kondisi kesehatan saya saat ini cukup baik. Tetapi, saya harus tetap menjalani kontrol secara rutin," tambahnya. 

Wanita kelahiran Bukit Tinggi, Sumatera Barat, 26 Februari 1951 ini memang tidak pernah mengalami kekurangan dana selama ini. Seiring dengan usia yang semakin menua dan tak lagi punya pemasukan, Selvy mengandalkan dana dari hasil pembagian warisan tanah peninggalan orang tuanya dan hotel miliknya yang berada di Bukit Tinggi untuk membiayai kehidupannya termasuk biaya pengobatan penyakit lambung akutnya.

"Saya ini terkena penyakit asam lambung akut dan sudah menjalani operasi tiga tahun lalu. Jadi, semua dana simpanan sudah habis buat biaya hidup termasuk biaya pengobatan dan kontrol setiap 3 bulan," cerita Selvy. 

Akibat penyakit asam lambung akut tersebut, Selvy sudah tidak bisa lagi menikmati makanan pedes. Dia hanya mengkonsumsi masakan tanpa cabe alias masakan bening. "Saya itu terpaksa memberhentikan hobi mengkonsumsi masakan padang. Kiriman rendang dari Padang pun tak bisa lagi dikonsumsi. Padahal, makanan itu kesukaan saya," ungkap Selvy yang selalu terlibat di panitia  Pekan Olahraga Nasional (PON) termasuk menjadi Panitia INASGOC pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 

Selain menderita asam lambung, Selvy juga terkena hipertensi (darah tinggi). "Pengeluaran biaya obat-obatan darah tinggi dan Kekentalan Darah itu cukup malah bisa mencapai Rp4juta per bulan dan setahun jadi Rp48 juta. Itu belum termasuk biaya kontrol ke rumah sakit," ungkapnya. 

Untuk menutupi biaya tersebut, Selvy yang menjadi semifinalis Olimpiade 1984 Los Angeles dan Olimpiade 1988 Seoul mengaku terpaksa mencari pinjaman dari temen-temennya termasuk mantan atlet Olimpiade yang dikenalnya. 

"Ya, saya terpaksa mencari pinjaman ke temen-teman dan begitu dapat rezeki saya kembalikan. Dan, saya juga pernah mencoba mengajukan danà pinjaman di Pinjol (Pinjaman Online) tetapi tidak disetujui karena melihat usia saya yang sudah mencapai 72 tahun," cerita Selvy sembari tertawa. 

Selvy yang kini tinggal di Bogor, Jawa Barat berdama anak dan menantunya berharap Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) dan pemerintah mau membantu meringankan bebannya. "Saya berharap ada perhatian dari KOI dan pemerintah karena banyak mantan atlet yang di masa tuanya mengalami kesusahan dan terserang penyakit," imbuhnya.  

Bio Data:  

Nama : Selvyana Sofyan Hosen 

Lahir : Bukit Tinggi, Sumatera Barat, 26 Februari 1951

Cabang Olahraga: Menembak

Data Prestasi: 

- Medali Emas : SEA Games 1981 Manila

- Medali Emas : SEA Games 1983 Singapura

- Medali Emas : SEA Games 1985 Bangkok.

- Medali Emas : PON 1977, 1981 dan 1985 

- Semi Finalist : Olimpiade 1984 Los Angeles

- Semi Finalist : Olimpiade 1988 Seoul

- World Championship : Finalist Menembak. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/