Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
Olahraga
8 jam yang lalu
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
2
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
Olahraga
8 jam yang lalu
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
3
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
Sepakbola
7 jam yang lalu
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
4
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
Olahraga
7 jam yang lalu
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
5
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
Olahraga
7 jam yang lalu
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
6
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
Olahraga
3 jam yang lalu
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Olahraga
Amman BNI M25K World Tennis Tour 2023 Seri Pertama

Tole ke Babak Kedua, Christopher/Barki dan Gunawan/Tegar ke Perempat Final

Tole ke Babak Kedua, Christopher/Barki dan Gunawan/Tegar ke Perempat Final
Petenis Indonesia, Muhamad Rifqi Fitriadi. (Ist)
Rabu, 09 Agustus 2023 21:31 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Setelah kehilangan 3 petenis tunggal putranya yang gagal melangkah ke babak kedua turnamen Amman BNI M25K World Tennis Tour 2023 Seri Pertama, Muhamad Rifqi Fitriadi akhirnya mampu membawa angin segar usai memastikan diri melaju ke putaran kedua.

Kepastian Tole, panggilan karibnya, lolos ke babak kedua pada iven seri pertama yang menyediakan total hadiah USD 25.000 ini setelah menyingkirkan petenis Thailand Maximus Jones dalam pertandingan laga babak pertama di Lapangan Tenis Hotel Sultan Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Tampil sebagai unggulan ke empat, petenis berusia 24 tahun ini di set awal bertanding cukup hati-hati sehingga lawannya mampu mengimbanginya hingga skor 4 sama. Inisiatif menyerang pemain kelahiran Banjarmasin ini baru terlihat di game ke 9, dimana poin serve yang mencapai 75 % tersebut, mampu mengantarkan Rifqi memenangi set pertama dengan skor 6 - 4.

Memasuki set berikutnya Jones berupaya meningkatkan agresivitas permainan serta mengubah pola permainannya lewat groundstroke attack dan cegatan voli di depan. Alhasil metode ini cukup efektif bagi petenis asal Thailand berusia 18 tahun, dan berhasil membawanya unggul 3-0 di set kedua.

Menyadari tekanan yang dihadapi akibat perubahan pola permainan yang diterapkan lawannya, Tole merespon lawannya dengan dengan variasi passing shoot yang presisi yang sering menghasilkan poin meskipun Maximus Jones terus menutup ruang tembak di depan area net.

Berkat keberhasilan membuat poin -poin penting meskipun terus ditekan lawannya, kepercayaan diri Tole terus meningkat dan balik tampil agresif sehingga mampu mengejar, bahkan mampu menyamakan skor hingga 3 sama. Keberhasilan menyeimbangkan kedudukan tersebut, kian meruntuhkan mental petenis Thailand ini dan akhirnya terkunci di skor 3-6 untuk kemenangan Rifqi Fitriadi.

Mengomentari hasil kemenangan tersebut, Muhamad Rifqi Fitriadi mengungkapkan rasa syukurnya berkat strategi dan planning game yang sesuai dengan arahan sang pelatih.

GoSumbar.com Petenis ganda putra Indonesia,
Petenis ganda putra Indonesia, Christopher Rungkat/Nathan Barki. (Ist)

Sayangnya langkah Tole tak mampu diikuti petenis Indonesia lainnya Claudio Lumanau saat bertemu wakil republik Ceko Patrik Oplustil. Tampil sebagai pemain kualifikasi, petenis tuan rumah yang berusia 19 tahun ini sebenarnya berpeluang besar memenangi laga di ajang ITF World Tennis Tour Series di Indonesia ini setelah sempat memenangi set pertama 6-4 dan unggul jauh 5-1 di set ketiga.

Namun 1 game yang di butuhkan untuk memenangi laga tersebut tak mampu diraih, dan justru Oplustil yang baru berusia 18 tahun ini berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan bahkan memaksakan babak adu tiebreak.

Dengan motivasi yang tinggi serta mental bertanding lebih kuat, Patrik Oplustil berhasil membalikkan keadaan dari tertinggal bahkan menjadi unggul dengan skor akhir 4-6, 6-3 dan 7-6 tiebreak 3.

Selanjutnya lawan yang akan dihadapi Patrik Olustil di babak kedua besok adalah wakil satu satunya petenis tuan rumah Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi.

Di nomor ganda putra, dua wakil Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final di turnamen Amman BNI M25K seri pertama melalui Christopher Rungkat/Nathan Barki dan Gunawan Trismuwantara/Tegar Wibowo.

Kemenangan di nomor ganda putra bagi Indonesia diawali oleh Gunawan Trismuwantara dan Tegar Wibowo saat menghadapi Rishi Reddy/Blake Moot. Kemenangan dua set dari pasangan gado-gado India dan Australia 6-1, 6-1 memastikan tiket babak 8 besar.

Selanjutnya tiket perempat final lainnya juga dipastikan pasangan tuan rumah lainnya Christopher Rungkat/Nathan Barki yang siang tadi mencatatkan kemenangan penting dari Anthony Susanto/David Agung Susanto. Laga antar sesama ganda putra Indonesia yang tersaji tersebut meski harus berlangsung 3 set, akhirnya dimenanggi Christo dan Nathan yang merupakan unggulan pertama.

Menang mudah 6-2 di set pertama mampu direspons dengan baik oleh pasangan kakak beradik Anthony dan David Agung Susanto dengan keunggulan 6-4 yang membuat laga harus diselesaikan lewat super tiebreak.

Kembali dengan pola permainan agresivitas serta kepercayaan diri yang tinggi Christo dan Nathan akhirnya sukses menyudahi pertandingan tersebut dengan 10-3 untuk melaju ke perempatfinal.

Namun sayangnya dua ganda Indonesia yaitu Christopher Rungkat/Nathan Barki dan Gunawan Trismuwantara/Tegar Wibowo akan saling berhadapan untuk memperebutkan 1 tiket ke semifinal. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/