Home  /  Berita  /  Olahraga

Menpora Dito Tegaskan Tidak Menganakemaskan Satu Cabor dalam Parade Kirab Juara SEA Games 2023 Kamboja

Menpora Dito Tegaskan Tidak Menganakemaskan Satu Cabor dalam Parade Kirab Juara SEA Games 2023 Kamboja
Menpora Dito saat melepas peserta Parade Kirab Juara SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: Humas Kemenpora)
Jum'at, 19 Mei 2023 23:49 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menegaskan jika Kemenpora dalam menggelar parade Kirab Juara SEA Games 2023 Kamboja pada Jumat (19/5/2023), tidak menganakemaskan atau memperlakukan secara istimewa atau khusus salah satu cabang olahraga (cabor).

Dirinya pun mengatakan bahwa parade Kirab Juara SEA Games 2023 Kamboja itu digelar bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara di pesta olahraga dua tahunan negara-negara se ASEAN tersebut.

"Kita coba meng-create budaya baru kirab atau pawai atau parade dengan mempertontonkan atlet-atlet kita yang juara ini ke publik dan bisa dibilang lebih dari 50 persennya itu masyarakat menyambut cabor sepakbola dan lebihnya cabor-cabor lainnya. Menurut saya ini tidak apa-apa, karena ini awal mulai dan budaya yang akan kita teruskan," ucap Menpora Dito dalam acara konferensi pers kesuksesan bola basket putri yng digelar Perbasi di Jakarta.

"Ke depannya dengan antusias olahraga yang tinggi seperti iniini, saya yakin dengan promosi yang baik serta dorongan dari federasi, nantinya antusiasme masyarakat terhadap cabang-cabang olahraga lainnya akan naik. Dan ini merupakan awal mula kita mengapresiasi atlet sehingga jika ada yang merasakan ketidaknyamanan saya secara pribadi memohon maaf," tambahnya.

Seperti diketahui, salah satu atlet senior renang merasa tidak dihargai di ajang parade Kirab Juara tersebut, sehingga memutuskan untuk berpisah dengan rombongan dan tak mengikuti arak-arakan hingga selesai.

Dia pun merasa ada cabor yang terlalu dispesialkan di parade Kirab Juara tersebut serta merasa tidak dihargai, meski sudah datang awal sesuai waktu hingga disuruh menunggu.

Terkait hal tersebut, Menpora Dito pun menyebut bahwa tidak ada satu cabor pun yang dianakemaskan. "Dari yang kita siapkan tadi tidak ada. Namun ini juga menjadi catatan sekaligus dorongan, contohnya seperti saat ini saya mendatangi Basket ketika menggelar konferensi pers terkait kesuksesan basket putri di SEA Games kemarin. Hal ini menunjukkan federasinya bagus karena mempedulikan prestasi atlet-atletnya dan mereka menyambut. Saya pun berharap seluruh federasi cabor memiliki kepedulian yang sama seperti ini," ucapnya.

"Kemudian kita lihat, PSSI menggelar acara di GBK, dan kita jalan dari Kemenpora itu kita yang menyediakan, lantas PSSI membuat acara di GBK untuk menyambut atletnya, sehingga inilah yang ingin kita dorong ke depannya, yuk federasi kita sama-sama mengapresiasi para atletnya, ini mungkin hal yang seremoni, namun bagi saya ini sangat penting bagi atlet diberikan awareness, panggung, pengakuan karena ini sangat berarti ke depannya," pungkas Menpora Dito. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/