Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
10 jam yang lalu
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
Olahraga
12 jam yang lalu
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Upaya Keras Iwan Bule Hadirkan Penonton saat Laga Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF

Upaya Keras Iwan Bule Hadirkan Penonton saat Laga Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat acara nobar bersama wartawan menyaksikan laga final Argentina melawan Perancis di Piala Dunia 2022 Qatar.
Senin, 19 Desember 2022 02:39 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terus berupaya agar penonton bisa menyaksikan laga kandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada Turnamen Sepakbola Piala AFF 2022.  Pasukan Garuda akan menghadapi Kamboja, Jumat (23/12/2022) dan menjamu Thailand, Kamis (29/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama dengan awak media, Minggu (18/12/2022), Iwan Bule menyebut jika PSSI sudah mengurus izin kepada pihak Kepolisian, agar penonton bisa hadir menyaksikan penampilan Eggy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

"Saya selaku Ketua Umum PSSI telah melayangkan surat permohonan izin kepada pihak Polri untuk laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 agar bisa dihadiri penonton," ujar Iwan Bule saat menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela Nobar Argentina melawan Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 Qatar di Jakarta.

"Saya pun sudah melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian mulai dari Polsek, Polres hingga Polda dan Mabes, dimana permohonan kami sekitar 30 ribu penonton bisa memadati SUGBK saat Indonesia menghadapi Kamboja dan 50 ribu penonton ketika menjamu Thailand," tambahnya.

Kehadiran penonton dalam laga kandang tersebut, kata Iwan Bule, juga diharapkan para pemain Timnas Indonesia sebagai penyemangat untuk mengalahkan lawan-lawannya. "Hadirnya penonton sangat diperlukan boleh anak-anak untuk memberikan semangat. Hal itu juga yang dipesankan para pemain Timnas kepada saya sebagai Ketua Umum PSSI, karena menurut mereka atmosfirnya berbeda ketika ada dan tidak ada suporternya," jelasnya.

Iwan Bule pun menyebut jika kini pihaknya tengah menunggu keputusan sekaligus pengumuman resmi dari Mabes Polri terkait kehadiran suporter Indonesia, sehingga kehadiran suporter yang kemudian menjadi pemain ke-12 di dalam Stadion itu mampu menambah semangat para pemain Timnas Indonesia dalam perjalanannya mempersembahkan trofi Piala AFF untuk kali pertamanya, setelah enam kali finish sebagai runner-up.

"Sebagai Ketua Umum PSSI, segenap upaya dan usaha sudah saya lakukan untuk pengkoordinasian hadirnya para suporter mendukung Timnas kita berlaga di SUGBK. Kini, kita tinggal menunggu pengumuman resmi dari Mabes Polri. Mudah-mudahan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemuhi keinginan PSSI," ucapnya.

Di Piala AFF 2020 yang pelaksanaannya pada tahun 2021, Timnas Indonesia tidak mendapat dukungan maksimal dari suporter sendiri karena bermain di Singapura. Saat itu, Timnas Indonesia tampil sebagai runner-up. Namun, pada level kelompok umur, pecinta Timnas Indonesia bisa menyaksikan laga tim Indonesia U16 dan U19 ketika berlaga di Piala AFF.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengizinkan kembali Kompetisi BRI Liga 1 bergulir. "Terimakasih Pak Presiden Joko Widodo, Pak Menpora Zainudin Amali dan juga Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah mengizinkan kembali bergulirnya kompetisi BRI Liga 1," tambahnya.

Sementara itu terkait persiapan Timnas Indonesia sendiri jelang mengikuti Piala AFF 2022, Iwan Bule mengatakan bahwa skuad Shin Tae-yong itu sudah siap, meski sebelumnya tidak merumput di Liga lantaran dihentikan setelah tragedi Kanjuruhan. Namun saat melakukan TC di Bali, fisik para pemain digembleng dan terus diasah kemampuan tekniknya oleh juru taktik asal Korea Selatan itu.

"Saat saya memantau beberapa hari lalu ada peningkatan yang sangat luar biasa terhadap para pemain, seperti Marc Klok, Jordi serta lainnya, sehingga jika kita lihat komposisinya, taktikal sudah dimatangkan oleh Shin Tae-yong. Saya pun optimis kita mampu meraih kemenangan demi kemenangan dan untuk itu mohon doanya dari segenap masyarakat sepakbola Indonesia," harapnya.

Lebih lanjut Ketum PSSI yang membuat peringkat Indonesia melejit pesat pada ranking FIFA itu juga mengatakan jika segenap keperluan Timnas sudah diakomodir jelang mengikuti Piala AFF 2022 ini, sehingga dirinya pun sangat berharap jika timbal baliknya adalah prestasi tertinggi.

"Alhamdulillah, semua keinginan pemain sudah saya akomodir, baik dari sarana latihan, uang saku, bahkan penginapan jelang menghadapi Piala AFF ini kita tempatkan mereka di hotel Fairmont, Senayan, bahkan karena jadwal pertandingan yang begitu padat, kita charter pesawat untuk transportasi para pemain," terangnya.

"Semoga apa yang semua saya akomodir untuk keperluan Timnas, mereka akan membalasnya dengan torehan prestasi. Bukan untuk saya, namun prestasi itu dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/