Home  /  Berita  /  Olahraga

Menpora Amali Meminta Tim IJSLI Tambah Pengalaman dan Tempa Mental Pemain di Gothia Cup 2022

Menpora Amali Meminta Tim IJSLI Tambah Pengalaman dan Tempa Mental Pemain di Gothia Cup 2022
Menpora Amali saat menyerahkan bendera kepada . Ketua IJSL, Novend Hippy pada acara pelepasan Tim IJSL ke Gothia Cup 2022. (Gonews.co Group)
Selasa, 12 Juli 2022 17:32 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) diminta memanfaatkan Turnamen Sepakbola Gothia Cup 2022 yang digelar di  Swedia, 18-23 Juli 2022, sebagai ajang untuk menambah pengalaman bertanding dan menempa mental pemain.

Permintaan itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada saat melepas Tim IJSL di Auditorium Kemenpora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). 

“Siang ini saya melepas tim Indonesia yang akan bertanding di Gothia Cup 2022 Swedia. Jadi harapan kita nak-anak ini bisa punya pengalaman bertanding bertemu dengan tim-tim dari berbagai negara dan juga mengasah mental mereka,” kata Menpora Amali.

“Mudah-mudahan mereka akan jadi bagian timnas yang akan datang. Usianya masih relatif muda 11,12 tahun sehingga kira-kira 10 tahun ke depan anak-anak ini bisa jadi bagian timnas,” sambungnya.

Lebih lanjut Menpora Amali mengatakan pemerintah terus mendukung upaya-upaya dalam pembinaan pesepakbola usia muda. Pasalnya, pembinaan pesepakbola usia muda sangat lah penting guna mengasah talenta muda yang berkualitas.

“Pemerintah mengapresiasi upaya-upaya dari masyarakat. Terimakasih kepada Pak Bob Hippy dan semua tim IJSL yang tidak henti-hentinya melakukan pembinaan dan juga mendorong, menemukan talenta muda dari berbagai tanah air,” kata Menpora Amali.

“Tadi sudah dilaporkan bahwa ini hasil seleksi dari sekian banyak talenta yang diseleksi dan menghasilkan anak-anak yang kita lepas pada siang hari ini. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat,” pungkasnya.

GoSumbar.com Menpora Amali saat berdialig d
Menpora Amali saat berdialig dengan pemain Tim IJSL.

Tim IJSL U 12 berada di Grup R bersama dengan satu tim Jerman dan dua tim tuan rumah. Ketua IJSL, Novend Hippy berharap anak asuhnya bisa kembali mengulang prestasi tahun 2018, 2019, di mana tim IJSL keluar sebagai juara.

“Persiapan telah kami lakukan selama satu bulan. Persiapan mulai dari latihan fisik, mental, strategi pertandingan diharapkan dengan persiapan matang tersebut kami dapat mengulangi prestasi IJSL sebelumnya pada tahun 2018, 2019 yaitu menjadi juara pertama,” jelasnya.

Pemain termuda IJSL, Risman Umasugi yang berusia 11 tahun menyatakan tekadnya untuk memberikan penampilan terbaik di Gothia Cup 2022. Pemain SSB Kabomania Muda yang tercatat sebagai pelajar kelas 5 SD Cantanjaya Bogor, Jawa Barat ini merasa senang bisa bermain di luar negeri.

"Saya senang dan bangga bisa bermain di luar negeri memperkuat IJSL. Mudah-mudahan kami bisa menjadi juara," kata putra ketiga dari tiga bersaudara Peltu Ali Umasugi yang tercatat sebagai prajurit Yonkes KOSTRAD ini.

"Ya, saya akana berusaha menjaga gawang agar tidak kebobolan dalam setiap pertandingan sehingga bisa terus melangkah ke final," timpal kiper IJSL, Anthony Dominic dari EDF La Liga Vamos.

Jadwal Pertandingan :

18 Juli Game 1 - IJSL vs Helsingborgs IF Rod

19 Juli Game 2 - IJSL vs SV Grun Weiss Grossbereen

20 Juli Game 3 - IJSL vs IFK Aspudden-Tellus Gul B

21-23 Juli Babak Knockout s/d Final

Daftar oemain dan pelatih Tim IJSL :

Pelatih : Gilang Ramadhan

Kiper :

1. Anthony Dominic (EDF La Liga Vamos)

2. Hesyam Rusyidi (Putra Pakuan)

Bek :

3. Azka Ghaisan Prayogi (Farmel Isvil FA)

4. Abdullah Azzam (Saint Prima)

5. Fathoni Mada Jaya Rusmana (BIMBA FC)

6. Awaludin Apriansyah (Pratama Tambelang)

7. Muhammad Fatih Fadillah (Cibinong Raya)

Gelandang :

8. Razlya Putra Setiawan (Sukabumi FA)

9. Ilham Bakti Riskiawan (Satria Cipta FC)

Sayap :

10. Muhamad Bilal Hidayatullah (Oneway SS)

11. Rifky Ahmad Khadafi (Jak Soccer)

12. Risman Umasugi (Kabomania Muda)

13. Moh Ramadhani Albisri (Akademi Persib Bogor)

Striker :

14. Oksal Kristian Gani (Sentul City)

15. Raushan Dzakhwan Fakhrizi (Saint Prima). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/