Home  /  Berita  /  Peristiwa

Timnas Indonesia Libas Kuwait 2-1 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad

Timnas Indonesia Libas Kuwait 2-1 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad
Timnas Indonesia saat melawan Kuwait. (Foto: Tempo)
Kamis, 09 Juni 2022 14:30 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

JAKARTA - Rekor yang tertahan selama 42 tahun sejak 19 Oktober 1980, akhirnya 'pecah'. Skornya juga sama yakni 2-1. Perjuangan luar biasa Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan menaklukkan Kuwait (2-1) di kandangnya sendiri, sangat membanggakan rakyat Indonesia.

Jika 42 tahun lalu kemenangan itu terjadi di Kuala Lumpur. Kemenangan yang sama diraih Timnas atas Kuwait terjadi Rabu malam (8/6/2022) justru terjadi di Kuwait City, kandang Timnas Kuwait. Di stadion megah kebanggaan rakyat Kuwait yang mulai dibangun pada 2 Juni 2006. Stadion Internasional Jaber Al Ahmad.

Gol dari Mark Klock dan Rahmat Irianto benar-benar membius lebih dari 200 juta rakyat Indonesia yang menyaksikannya langsung di layar televisi. Racikan taktik Shin Tae-yong kali ini menghasilkan kemenangan penting yang ditunggu-tunggu.

Kuwait bukanlah tim sembarangan. Salah-satu yang terbaik di Asia. Bukan hanya karena mereka pernah juara Piala Asia (1980) dan lolos ke Piala Dunia 1982, tapi Kuwait memang “raja” di Teluk Persia (10 kali juara Piala Teluk).

Peringkat Kuwait saat ini (146) tidak sepenuhnya karena prestasi. Namun lebih banyak diakibatkan sanksi FIFA larangan bermain di ajang internasional selama dua tahun (2015-2017) karena adanya "intervensi" pemerintah.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku kaget dengan kemenangan skuad Garuda atas Kuwait dalam matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (9/6/2022) malam WIB.

Dalam pertandingan di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, timnas Indonesia berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor tipis 2-1. Tim Merah Putih tak mendapatkan kemenangan mudah di laga ini. Mereka bahkan sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Yousef Al Sulaiman.

Namun Timnas Indonesia membalas dua gol lewat Marc Klok dari titik penalti dan Rachmat Irianto di babak kedua. Skor 2-1 memastikan Indonesia meraih tiga poin di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih Shin Tae-yong mengaku kaget dengan hasil positif yang diraih timnas Indonesia. Pasalnya, dia memprediksi ini akan jadi ujian berat bagi Irfan Jaya dan kawan-kawan. "Awalnya saya menilai laga ini akan menjadi tantangan besar nan sulit. Namun, saya tidak menyangka kami menang lawan Kuwait,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pascalaga.

Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya ternyata kurang memahami kualitas dari lawan yang dihadapi timnas Indonesia kali ini. Meski menang ranking FIFA, Kuwait nyatanya mampu dikalahkan Skuad Garuda. "Jujur, saya tidak memahami kualitas Kuwait," tambah sosok yang pernah melatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Kemenangan ini tak hanya menjaga asa timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia kelimanya. Namun, hasil ini turut membuat Indonesia mengakhiri kutukan. Ya, dalam 42 tahun terakhir, timnas Indonesia akhirnya berhasil menang atas Kuwait. Sebelum laga ini, skuad Garuda sudah berjumpa Kuwait enam kali dengan rincian satu menang, tiga imbang dan tiga kekalahan.

Kali terakhir timnas Indonesia mengalahkan Kuwait adalah pada 19 Oktober 1980 alias sekira 42 tahun silam. Ketika itu, Indonesia menang 2-1 dalam ajang Merdeka Tournament.

Di laga lain Grup A, Yordania berhasil mengalahkan Nepal 2-0. Kemenangan itu membuat mereka berhak untuk memuncaki klasemen sementara dengan tiga poin, hanya unggul selisih gol dari Indonesia di tempat kedua.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/