Home  /  Berita  /  Padang Pariaman

Pemkab Padang Pariaman Latih Pengurus Koperasi Perkuat Kelembagaan

Pemkab Padang Pariaman Latih Pengurus Koperasi Perkuat Kelembagaan
Bupati Padang Pariaman, Sumbar Suhatri Bur (kanan) menyerahkan tas kepada pengurus koperasi di daerah itu yang menjadi peserta pelatihan. (antara/ho-diskominfo padang pariaman)
Senin, 30 Mei 2022 16:29 WIB

PARIK MALINTANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat melatih 30 pengurus koperasi di daerah itu guna memperkuat kelembagaan sehingga dapat menjalankan koperasi dengan baik untuk menyokong perekonomian anggotanya.

"Ini merupakan suatu bentuk upaya Pemkab Padang Pariaman melalui Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM dalam meningkatkan pengetahuan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi di Padang Pariaman," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Parik Malintang, Senin.

Ia mengatakan koperasi harus memiliki basis kelembagaan yang kuat dan mampu menjalankan prinsip-prinsip koperasi dengan baik agar dapat mendatangkan kepercayaan dari anggota dan masyarakat.

Menurutnya untuk mencapai hal tersebut diperlukan penguatan kelembagaan yang salah satunya dengan melaksanakan pelatihan dengan harapan nantinya koperasi di Padang Pariaman menjadi lembaga yang andal untuk menyokong perekonomian di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya pihaknya melaksanakan pelatihan terhadap pengurus koperasi yang dilaksanakan di Padang mulai dari Minggu (29/5) sampai dengan Selasa (31/5) dengan narasumber dari Widyaswara UPT Balatkop Provinsi Sumbar.

Pihaknya mengimbau koperasi untuk rutin melaksanakan rapat anggota tahunan serta menciptakan rasa percaya dari anggota serta dari masyarakat agar tertarik menjadi bagian dari koperasi itu.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi mengatakan saat ini jumlah koperasi di daerah itu mencapai 226 unit.

"Dari 226 unit ini yang aktif hanya 83 unit sehingga diperlukan upaya agar koperasi ini bisa bertahan dan terus aktif," ujarnya.

Ia mengatakan 30 pengurus koperasi yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan koperasi yang konsisten menjalankan usaha dan melaksanakan rapat anggota tahunan.

Ia berharap dengan adanya pelatihan yang dilakukan maka meskipun nantinya tidak penambahan koperasi di Padang Pariaman namun setidaknya jumlah yang ada dapat bertahan dan usahanya berkembang. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/