Home  /  Berita  /  Kesehatan

Ternyata, Kopi Bisa Bikin...

Ternyata, Kopi Bisa Bikin...
Ilustrasi kopi. (gambar: ist.)
Sabtu, 14 Mei 2022 12:35 WIB
JAKARTA - Dokter Spesialis Gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK dalam sebuah virtual media gathering baru-baru ini mengungkap pentingnya asupan penyeimbang bagi para peminum kopi.

"Kopi sifatnya dapat mencegah penyerapan kalsium," kata Elfina mengungkap sebab, sebagaimana dikutip GoSumbar.com dari Antara di Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Karena sebab itu, kata Elfina, peminum kopi harus memastikan asupan kalsiumnya terpenuhi. "Jadi, maksimal dua cangkir per hari masih oke.".

Elfina mengatakan, asupan kalsium bisa didapatkan dari sumber makanan seperti lauk hewani, susu, lalu produk susu seperti keju, yogurt, kemudian biji chia, buncis, kacang almond dan sayuran berdaun hijau.

Mengutip Healthline, kalsium termasuk mineral penting yang memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan seperti mencegah pengeroposan tulang setelah usia 30 tahun dan membantu pembuluh darah berkontraksi dan rileks. Kalsium juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi penyerapan oksalat yang ditemukan di banyak makanan nabati seperti bayam, bit, raspberry, dan ubi jalar. Oksalat dikaitkan dengan risiko lebih tinggi munculnya batu ginjal.

Kebanyakan orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari, meskipun kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi, termasuk para remaja, wanita pascamenopause dan orang dewasa yang lebih tua. Sementara banyak suplemen tersedia, para pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya setengah dari asupan kalsium harus berasal dari makanan.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Kesehatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/