Home  /  Berita  /  Bukittinggi

Kota Bukittinggi Siapkan 11 Pos Pengamanan Hadapi Libur Lebaran

Kota Bukittinggi Siapkan 11 Pos Pengamanan Hadapi Libur Lebaran
Jam Gadang, Kota Bukittinggi menuju Kota Cerdas (antara/ho-dokumen pribadi)
Minggu, 24 April 2022 20:59 WIB
BUKITTINGGI – Untuk memberikan keamanan dan ketertiban serta antisipasi kemacetan di Kota Wisata, petugas gabungan Operasi Ketupat Singgalang 2022 mendirikan 11 Pos Pengamanan selama libur lebaran di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

11 Pos Pengamanan dan Pelayanan itu didirikan di seluruh titik yang menjadi pintu masuk dan keluar jalur lalu lintas serta lokasi rawan keramaian yang diperkirakan meningkat tahun ini.

"Pos Pengamanan dan Pelayanan itu juga didirikan di lokasi objek wisata seperti Taman Panorama, Taman Marga Satwa Bukittinggi Kinantan atau Kebun Binatang dan Taman Jam Gadang," kata Kasatlantas Polres Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat di Bukittinggi, Minggu.

Ia menyebutkan dari 11 Pos yang ada, Pos Terpadu dipusatkan di lokasi Taman Jam Gadang karena di tempat ini menjadi pusat kota sekaligus pusat kunjungan warga dan wisatawan yang datang dari segala penjuru daerah.

"Dengan telah dilonggarkannya arus mudik dan tidak adanya penyekatan, kedatangan wisatawan atau pemudik ke kampung halaman dipastikan meningkata dibanding dua tahun sebelumnya, lokasi Jam Gadang menjadi magnet kunjungan, di sini kami pusatkan Posko Terpadu dengan personel 39 orang," kata Ghanda.

Selain itu, petugas juga mendirikan posko di perbatasan daerah masing-masing di Palupuh dengan penjagaan 10 personel yang menjadi garis batas dengan wilayah hukum Polres Pasaman.

Pos Pengamanan (Pospam) di Baso dengan 20 personel, Pospam Malalak dijaga oleh delapan personel.

"Selanjutnya Pospam Gadut dan Pospam Tanjung Alam masing-masing dengan 17 personel, Pospam Padang Luar memiliki 20 personel," kata Ghanda menyebutkan.

Sementara untuk Pos Pelayanan dan Pengamanan yang berada di dalam kota didirikan di Jambu Air dengan penjagaan 20 personel, Pos Pelayanan (Posyan) Panorama dengan lima personel, Posyan Kinantan enam personel, ditambah Pospam Tugu Polwan 20 personel.

"Jumlah personel ini sifatnya kondisional, personel akan ditambah jika diperlukan, kita sudah memulai pendirian Pospam dan Posyan ini hingga nantinya mulai aktif Rabu (27/04)," kata dia.

Ia juga menambahkan agar masyarakat yang datang berkunjung ke Kota Bukittinggi untuk selalu berhati-hati dan melengkapi surat kendaraan serta menerapkan protokol kesehatan.

"Selalu patuhi aturan lalu lintas, jangan sampai terjadi kemacetan panjang karena kelalaian berkendara karena ugal-ugalan, mari ciptakan kondisi yang aman dan sehat selama libur lebaran," katanya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Sumatera Barat, Bukittinggi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/