Home  /  Berita  /  Olahraga
Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup C

Skuad Timnas Indonesia Berkekuatan 14 Pemain Terbaik

Skuad Timnas Indonesia Berkekuatan 14 Pemain Terbaik
Timnas Bolabasket Indonesia )Foto: PP Perbasi)
Sabtu, 19 Februari 2022 19:20 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Sebanyak 14 pemain ditetapkan Badan Tim Nasional (BTN) PP Perbasi untuk memperkuat Timnas Bolabasket Indonesia pada window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup C. Mereka dipilih setelah menunjukkan progres selama berlatih di Jakarta sejak 10 Februari lalu.

Mereka adalah Andhakara Prastawa, Abraham Damar, Agassi Goantara, Widyantara Putra Teja, Yudha Saputra, Aldy Izzatur Rahman, Vincent Kosasih, Brandon Jawato, Lester Prosper, dan Kaleb Ramod. Kemudian ada Juan Laurent, Kevin Yonas, Ali Bagir, dan Muhammad Arighi.

"Semua pemain yang kita panggil TC tentulah pemain terbaik menurut coach staff kita. Jadi untuk kondisi pastinya 14 pemain ini lah pemain dengan kondisi terbaik dan tersiap," ungkap Manajer Timnas Bolabasket Indonesia, Jeremy Immanuel Santoso.

Para patriot Indonesia itu akan bertolak ke Timur Tengah minggu (20/2) untuk jalani game window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup C. Di sana, Indonesia akan berhadapan melawan tuan rumah Arab Saudi pada 24 Februari dan menantang Jordania tiga hari kemudian (27/2). Namun khusus untuk Kaleb, akan menyusul langsung ke Jordania karena terkendala Visa masuk Arab Saudi.

"Kaleb dan saya baru dipanggil Timnas minggu lalu jadi sangat disayangkan Visa KSA tidak bisa mendapatkan clearance tepat waktu. Jadi kami langsung menyusul tim ke Jordania," terangnya.

PP Perbasi bersama BTN menerapkan protokol kesehatan ketat untuk keberangkatan timnas hadapi window II ini. Misal, selama TC dilakukan tes usap antigen 2 kali sehari. Kemudian tes usap PCR Sekitar 3-4 kali dan mengikuti FIBA COVID Compliance.

Asisten Pelatih Timnas Bolabasket Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan, saat persiapan ada 22 pemain dipanggil ikut TC. Namun tidak semuanya penuhi panggilan.
"Satu orang ternyata positif langsung di kembalikan ke klubnya. 2 orang yang ikut seleksi tidak dibawa ke Arab Saudi dan Jordania. Mereka tidak dibawa karena kebutuhan team dan persaingan selama seleksi," jelas pelatih yang karib disapa Cacing ini.

Rinciannya, Indra Muhammad, Ikram Fadhil, Arki Dikania Wisnu, Sandy Ibrahim, Hardianus Lakudu sampai batas pemanggilan masih bisa bergabung karna masalah kesehatan dan cedera. Kelvin Sanjaya tidak bisa melanjutkan TC karena masalah kesehatan terpapar Covid 19. Adapun Neo Pande dan David Nuban masih kalah bersaing dengan pemain lain yanh posisinya sama dengan mereka.

Sementara itu, Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi mengatakan, federasi akan mensupport penuh keperluan timnas. Ini agar timnas bisa mendapatkan hasil maksimal selama window II ini. Mengingat, hasil di pertandingan ini akan berpengaruh pada peluang Indonesia meraih tiket FIBA World Cup 2023.

"Masih ada peluang meski sebelumnya kalah dua kali dari Lebanon. Kami akan support penuh perjuangan timnas demi bawa bangga Indonesia," jelas Nirmala.(*)

Jadwal window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup C

24 Februari 2022

Arab Saudi vs Indonesia

27 Februari 2022

Jordania vs Indonesia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/