Home  /  Berita  /  Pemerintahan

DPR: Jaga Kepercayaan, Jangan Sampai Rakyat Bilang 'Ah' soal Covid-19

DPR: Jaga Kepercayaan, Jangan Sampai Rakyat Bilang Ah soal Covid-19
Ketua DPR RI, Puan Maharani di ruang kerjanya. (foto: ist./dpr ri)
Selasa, 27 Juli 2021 15:10 WIB
JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk menjaga kepercayaan rakyat terhadap kebijakan yang ditetapkan terkait penanganan pandemi Covid-19.

Dalam rilis yang diterima GoNEWS.co, Selasa (27/7/2021), Puan mengatakan, perubahan atau penyesuaian kebijakan yang kerap kali dilakukan pemerintah terkait kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) misalnya, harus sebisa mungkin mencegah terjadinya penurunan kepercayaan rakyat.

"Bangun kepercayaan masyarakat mulai dari prosesnya, sampai masyarakat akhirnya merasakan langsung dampak positif dari kebijakan tersebut," kata Puan.

Dalam kebijakan PPKM Level 4 yang disesuaikan misalnya, jelas Puan, "(Kebijakan ini, red) jangan sampai dicederai oleh hal-hal yang kontraprodukif dalam prosesnya. Misalnya, penurunan jumlah testing (tes Covid-19, red)".

"Kalau jumlah kasus harian turun, tapi jumlah testing (tes Covid-19, red) turun, masyarakat mungkin akan bilang 'Ah kasus turun karena testing-nya diturunkan'" ujar Puan.

Karenanya, kata Puan, meski PPKM mengalami penyesuaian, testing (tes Covid-19, red) harus ditingkatkan di daerah level 4 dan zona merah. Paralel, pengawasan tes di tiap daerah juga harus ditingkatkan.

Selain itu, kata Puan, membangun kepercayaan juga bisa dilakukan pemerintah lewat pelibatan rakyat, misalnya lewat program-program pemberdayaan rakyat seperti dapur umum dan bantuan untuk rakyat yang sedang isolasi mandiri.

Pelibatan rakyat, menurut Puan, akan membentuk paradigma bahwa pandemi ini bukan hanya masalah pemerintah, tetapi masalah bersama.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Nasional, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/