Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Presiden Jokowi Resmi Lepas Kontingen Indonesia

Presiden Jokowi Resmi Lepas Kontingen Indonesia
Presiden Jokowi. (Dok. Kemenpora)
Kamis, 08 Juli 2021 15:28 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi melepas kontingen tim Indonesia yang akan menuju Olimpiade Tokyo 2021 di Istana Negara, Kamis (8/7/2021). Presiden Jokowi didampingi Menpora Amali, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani.

Kontingen Indonesia yang berangkat ke Tokyo terdiri dari 28 atlet dan 17 ofisial. Olimpiade Tokyo sendiri akan berlangsung pada tanggal 23 Juli – 10 Agustus 2021, dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia akan mengikuti 8 cabang olahraga antara lain Atletik, Panahan, Rowing (Dayung), Menembak, Bulu Tangkis, Angkat Besi, Renang dan Selancar.

Dalam acara pelepasan kontingen ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali medanpat kesempatan untuk menyampaikan laporan terkait atlet dan ofisial yang berangkat ke Tokyo.“Kontingen Indonesia terdiri dari 28 atlet dan 17 ofisil dan dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) bapak Rosan Roeslani,” kata Menpora Amali.

Selain itu, Amali juga melaporkan bahwa semua atlet dan ofisil yang akan berangkat sudah mendapat vaksinasi yang dilakukan pada tanggal 26 Februari 2021 lalu. Selanjutnya, dikatakan Amali, jumlah atlet yang diberangkat pada olimpiade ini melebihi dari target awal pemerintah yang hanya dapat memberangkatkan 22 atlet karena situasi COVID-19.

“Tetapi karena usaha dan kerja keras dari semua pihak kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” ujarnya.

Menpora pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Presiden Jokowi atas perhatiannya terhadap kemajuan olahraga di tanah air. 

“Kami mengapresiasi bahwa dalam situasi seperti sekarang ini dan juga kita sedang prihatin dengan adanya pandemi Covid-19. Tetapi perhatian bapak Presiden terhadap olahraga Indonesia tetap ada dan ditunjukkan dengan pelepasan secara virtual. Karena ini adalah komitmen pemerintah untuk mendorong majunya olahraga di tanah air,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam arahannya mengapresiasi atas kerja keras dan persiapan yang maksimal dari semua pihak terutama para atlet dalam menghadapi Olimpiade Tokyo 2020 ini. Jokowi juga meminta kepada para atlet untuk bertanding secara sportif dan berharap dapat meraih medali juara.

“Oleh karena itu, hari-hari ini sampai ke puncak pertandingan agar jaga kesehatan, jaga stamina, jaga motivasi dan fokus pada pertandingan dan fokus pada prestasi. Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia. Selamat menjalankan amanat berat ini, rakyat menunggu saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil,” harap Jokowi. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/