Home  /  Berita  /  Olahraga

Indonesia Tundukkan Uruguay di Turnamen FIBA 3x3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Indonesia Tundukkan Uruguay di Turnamen FIBA 3x3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo
Sabtu, 29 Mei 2021 20:02 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Basket Putri 3x3 Indonesia tampil memukau setelah kalah di dua laga awal Turnamen FIBA Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Bertanding di Main Court Graz, Austria, Sabtu (29/5/2021), Srikandi Indonesia itu dengan meyakinkan menaklukkan Timnas Uruguay dengan skor 22-15.

Sinyal Indonesia bakal menang di laga ini terlihat di awal pertandingan. Mereka mampu melakukan start bagus dengab membuka poin melalui shooting Nathania Orville. Kemudian disusul Ayu Sriartha. Mereka mampu leading dua angka di awal game.

Awal yang baik ini membuat Timnas Basket Indonesia Putri 3x3 nyaman bermain. Mereka bisa leluasa eksplorasi luas lapangan. Beberapa kali juga dilakukan percobaan tembakan dari luar.

Sebanyak 13 kali percobaan tembakan dari luar dilakukan. Semua itu dilakukan bergantian oleh Ayu Sriartha, Dyah Lestari dan Nathania Orville. Dari sekian percobaan, enam di antaranya mampu menghasilkan poin. Masing-masing dua kali tembakan dari ketiga pemain itu.

Perolehan poin para Srikandi Indonesia memang sempat dikejar Uruguay. Namun saat pertandingan sisakan empat menit enam detik, skuad Merah Putih membalikkan keadaan dengan leading 10-8.

Ketika pertandingan sisakan dua menit, Indonesia masih unggul 13-9. Di sela-sela time out, Ayu Sriartha memotovasi teman-temannya untuk bermain sabar. "Kita sedang leading. Waktu sisakan dua menit. Kita jangan buru-buru," tukas Ayu.

Saat kembali ke lapangan, permainan Srikandi Indonesia semakin membaik. Mereka mampu menjaga dominasi meski sempat Uruguay memberikan perlawanan saat skor 15-10. Namun tembakan dari luar Duah Lestari saat pertandingan sisakan lima detik mengakhiri perlawanan Uruguay dan Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 22-15.

Pada laga ini, perjuangan Srikandi Indonesia mendapat dukungan banyak dari netizen. Dalam live komentar di youtube GIBA 3x3, mengalir deras dukungan untuk Indonesia, terutama kepada Ayu Sriartha.

Ayu menjadi idola netizen karena penampilannya yang apik. Dia menjadi pembeda karena menjadi mesin poin Pasukan Merah Putih. Seperti yang ditulis Kevi "keren ayu". Kemudian Harold Ngirarung menulis "Ayu dengan motion hati", dan dari Ramen Vallareja menulis Go Indonesia #9.

Bagi Indonesia, ini adalah kemenangan perdana di Turnamen FIBA Kulifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia berkekuatan Ayu Sriartha, Nathania Orville, Dyah Lestari, dan Lea Kahol. Setelah laga ini, Dyah Lestari dkk akan menghadapi tim kuat, Prancis, pada pukul 18.30 WIB.

"Kemenangan ini berkat kerja keras semua pemain secara tim. Hasil ini menunjukkan bagusnya mental tanding para pemain yang mampu bangkit dari kekalahan. Ini jelas membanggakan dan kita bisa menunjukkan kekuatan kita sesungguhnya. Semoga kemenangan ini menambah kepercayaan diri para pemain saat menghadapi tim kuat, Prancis," terang Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi. ***

Kategori:Olahraga
wwwwww