Home  /  Berita  /  Peristiwa

Tak Ada Ampun, Selain Dipecat, Bripda AP yang Tembak Warga di Pekanbaru Juga Diproses Pidana

Tak Ada Ampun, Selain Dipecat, Bripda AP yang Tembak Warga di Pekanbaru Juga Diproses Pidana
Bripda AP usai ditangkap di Polsek Limapuluh Kota Pekanbaru. (foto: istimewa)
Sabtu, 13 Maret 2021 20:25 WIB
Penulis: Rizki Ganda Sitinjak
PEKANBARU - Tidak ada ampun, selain perintahkan Polda Sumbar untuk memecat Bripda AP, Kadiv Propam Polri juga minta Polda Riau proses pidana Bripda AP hingga tuntas.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda Riau untuk segera proses Pidana anggota tersebut secara tegas dan tuntas," ujar Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, kepada GoRiau.com, Sabtu (13/3/2021) sore.

Perintah pemecatan juga disampaikan kepada Kabid Propam Polda Sumbar, usai menerima laporan oknum polisi yang menembak warga di Pekanbaru.

"Saya sudah perintah Kabid Propam Sumbar untuk proses pelanggaran Kode etik terhadap anggota tersebut, dan segera melaksanakan sidang KKEP untuk proses Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH)," ujar Jendral berbintang dua.

Aksi koboy penembakan wanita oleh Bripda AP di Pekanbaru.

Oknum polisi berpangkat Bripda dengan inisial AP (24), naik pitam dan meluncurkan tembakan terhadap seorang wanita berinisial RO (31), sesaat setelah korban izin untuk membeli kondom.

Awalnya oknum polisi yang masih berusia 24 tahun itu, memesan wanita melalui aplikasi Michat pada hari Sabtu (13/3/2021) dininhari. Kemudian sekitar pukul 03.00 WIB, datang 2 orang wanita berinisial DO dan RO.

Usai bertemu, dua wanita itu pergi dengan alasan membeli kondom. Namun, Bribda AP merasa ditipu oleh dua wanita itu dan ikut turun ke lantai dasar hotel Hollywood.

Sekitar pukul 03.15, pelaku Bripda AP mengajak salah satu wanita yang berinisial DO pergi membeli kondom dengannya. Akan tetapi DO lari ke arah mobil Maxim yang sudah dipesannya.

Melihat DO melarikan diri, Bripda AP langsung mengejar sambil mengeluarkan senjata api, lalu menembak ke arah atas, lalu berlari mengejar mobil Maxim yang ditumpangi DO, dan kembali meluncurkan tembakan ke arah ban mobil.

Tidak sampai disitu, Bripda AP kembali melakukan penembakan ke arah mobil sehingga peluru menembus kaca belakang mobil dan mengenai pelipis sebelah kanan korban.

Setelah Bripda AP melakukan tiga kali tembakan, mobil yang ditumpangi oleh RO dan DO berhenti.

Akibat tembakan itu, didapat 1 orang wanita yang berinisial RO megalami luka tembak dibagian pelipis sebelah kiri atas, selanjutnya dibawa ke Rumah Sakti Petala Bumi kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Santa Maria. Kondisi korban pada saat itu masih dalam keadaan sadar.

Informasi itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu, saat dikonfirmasi GoRiau.com.

"Iya Personil polres padang panjang, yang sedang lidik pelaku kejahatan. Dimana infonya pelaku ada di Riau," ujar Satake Bayu kepada GoRiau.com, Sabtu siang.

Terpisah Kabid Propam Polda Riau, Kombes Pol Gatot Sujono, saat dikonfirmasi juga tidak membantah informasi itu.

"Menyangkut pidananya ditangani kewilayahan. Ditangani satuan kewilayahan di mana kejadian terjadi (Polresta Pekanbaru)," ujar Gatot. ***

Kategori:Peristiwa
wwwwww